Selasa, 2 Juni 2009 03:41

BIMBINGAN TEKNIS DAN UJIAN SERTIFIKASI KEAHLIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor.80 Tahun 2003 beserta perubahannya yang menyatakan bahwa pejabat pembuat komitmen/pengguna barang dan jasa pemerintah,  bagi panitia pengadaan atau pejabat pengadaan per tanggal 1 Januari 2009 telah wajib memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang dan jasa sedangkan bagi pejabat pembuat komitmen (PPK) akan diberlakukan pertanggal 1 Januari 2010, ujar Kepala Kantor Diklat Kabupaten Belitung, Mirang Uganda, SH dalam sambutannya disela-sela pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Barang dan Jasa Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2009.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari selama jam kerja mulai Tanggal 2 juni hingga 4 juni 2009 bertempat di Gedung Serba Guna Jl.Jend.A.Yani No.01 Tanjungpandan diikuti sebanyak 125 peserta PNS Lingkungan pemerintah Kabupaten Belitung dengan rangkaian kegiatan meliputi ceramah, diskusi dan tanya jawab, simulasi serta latihan pembahasan soal ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa.     Hadir dalam acara pembukaan, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Ir. H. Mulgani serta Narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (IKPP).

Dalam sambutan Bupati Belitung  yang dibacakan Sekretaris Daerah Kab. Belitung, beliau berharap Pengadaan Barang dan Jasa yang dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Negara /Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBN/APBD) dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien dengan prinsip persaingan sehat, transparan, terbuka dan perlakuan yang adil bagi semua pihak, sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan baik dari segi fisik, keuangan maupun manfaatnya bagi kelancaran tugas pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat. Mudah-mudahan target yang direncanakan dari rangkaian kegiatan ini, akan menjadi bermanfaat bagi segenap unsur aparatur didalam persiapan dirinya untuk berperan aktif dalam pengadaan barang dan jasa.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi para pengelola proyek/kegiatan bidang pengadaan barang dan jasa agar mampu meningkatkan pemahaman tentang ketentuan dan tata cara pengadaan barang dan jasa sesuai Keppres No.80 Tahun 2003 dan perubahannya, memahami siklus manajemen pengadaan barang dan jasa mulai dari perencanaan sampai pengendaliaan, meningkatkan kemampuan mengelola pelelangan, serta mengaplikasikan kemampuan dalam mengelola kegiatan pengelolaan barang dan jasa secara efisien dan efektif.***Fodicha
Sumber: Humas Setda