Senin, 1 Juni 2009 03:46

AKSI 1000 KAKI BERANTAS CHIKUNGUNYA

Status KLB (Kejadian Luar Biasa) Chikungunya masih belum dicabut Pemerintah Kabupaten Belitung sejak ditetapkan beberapa waktu lalu, diperlukan waktu yang lama bahkan berbulan-bulan untuk memberantas penyakit tersebut. Berbagai upaya telah dilakukan diantaranya Fogging (penyemprotan) serta pemberian bubuk abatase pada masyarakat. Hal ini tentunya tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Warga diminta untuk melakukan 3M (menutup, menguras dan mengubur). Demikian disampaikan Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein dalam kata sambutannya pada acara Bakti Sosial B-care "aksi 1000 kaki berantas Chikungunya" yang didukung oleh BFM 104,6 FM kerjasama dengan Pemkab Belitung, Telkomsel, dan Bereheun Organizer. Tampak hadir mendampingi Bupati Belitung para unsur Muspida pemerintah Kabupaten Belitung.

Menurut Perwakilan Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Belitung melalui Kepala Bidang P2MPL Agus Sulistiadi saat ini Frekuensi kasus chikungunya di luar Kecamatan Tanjungpandan cenderung menurun sedangkan di Kecamatan  Tanjungpandan masih berfluktuatif, dan total jumlah kasus Chikungunya pada tanggal 24 Mei 2009 berjumlah 10.963 kasus, tegasnya disela-sela acara.

Acara Gerak Jalan Kebersihan ini berlangsung pada Minggu(31/05) yang diikuti ribuan peserta baik dewasa maupun anak-anak, uniknya masing-masing peserta terlihat antusias membawa sapu lidi pada saat kegiatan berlangsung, bahkan mereka sempat membersihkan sampah yang ada dijalan raya sebagai wujud partisipasi masyarakat menciptakan lingkungan yang bersih. Gerak jalan yang dimulai di halaman GOR Tanjungpandan dan Finish di Kawasan wisata Tanjung pendam bertujuan untuk mengajak masyarakat membiasakan diri untuk senantiasa hidup sehat dan bersih agar terhidar dari ancaman penyakit khususnya chikungunya yang sampai saat ini masih menjadi trend dimasyarakat. Rangkaian acara Baksos ditutup dengan pembagian Door prize kepada para peserta gerak jalan yang telah mendapatkan kupon undian dari panitia.
Sumber: Humas Setda