Senin, 1 Juni 2009 03:47

KWRI GELAR KEGIATAN DIKLAT JURNALISTIK TINGKAT DASAR

Dalam rangka meningkatkan kreativitas menulis sekaligus memperkenalkan dasar-dasar ilmu jurnalistik dikalangan pelajar maupun masyarakat umum, DPC KWRI (Komite Wartawan Reformasi Indonesia) menggelar kegiatan Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar dengan tema "Diklat jurnalistik tingkat dasar merupakan prodak generasi penerus wartawan yang akan datang di Kabupaten Belitung".

Menjadi seorang wartawan dan jurnalis yang handal bukanlah suatu hal yang mudah dan bisa diperoleh dalam waktu singkat, akan tetapi perlu ketekunan dan kerja keras untuk mengasah kemampuan dan kepekaan kita dalam memandang suatu peristiwa/kejadiaan agar memiliki nilai berita tinggi untuk dipublikasikan kepada masyarakat, untuk itu wartawan dituntut cepat tanggap serta berwawasan luas agar bisa menciptakan berita yang berisi dan mudah dimengerti masyarakat, ujar Drs.Arham Armuza, S.Ip  Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kab. Belitung dalam pembukaan Diklat jurnalistik tingkat dasar pada Sabtu (30/05) Pukul 09.00 WIB bertempat di Gedung Wanita Tanjungpandan yang  dihadiri pula oleh ketua penyelenggara M.Maulidi A. Karim beserta panitia, perwakilan Muspida, Camat, para peserta  dan undangan lainnya.

Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar digelar selama 2 hari dihadiri para peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, ormas, karang taruna maupun masyarakat umum lainnya. Dari 100 lebih undangan yang telah disebar keberbagai instansi/lembaga Sebanyak 26 peserta hadir mengikuti diklat ini, meskipun target kehadiran peserta masih jauh dari harapan tetapi tidak mengurangi semangat dan antusias para peserta untuk mengikuti rangkaian kegiatan Diklat dengan khidmat dan sungguh-sungguh. Terdapat 5 materi Jurnalistik yang disampaikan sebagai pembekalan bagi para peserta diklat yaitu idealisme pilar demokrasi, tehnik komunikasi, mengenal dunia surat kabar, laporan fakta tangan, anatomi penulisan berita serta  praktek cara penulisan berita sebagai materi ujian untuk mengukur kemampuan para peserta dalam mengaplikasikan teori yang telah diberikan moderator.
Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra.Hotmaria Ida berharap kegiatan ini dapat memotivasi para peseta untuk lebih kreatif dalam menulis, dapat menelaah dan mengkaji tulisan berita dalam media, dan beliau juga berpesan agar para peserta dapat mengembangkan minat mereka untuk terus  menulis, karna menulis dapat dimulai dari hal-hal kecil yang bisa kita kembangan dari hasil pemikiran atau ide tentang suatu kejadian/peristiwa yang kita temui sehari-hari, melalui sosok yang kita dijadikan idola/figur dalam kehidupan serta pendapat dan presfektif kita dalam menilai/memandang  suatu permasalahan yang timbul dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Tegasnya saat menutup kegiatan Diklat jurnalistik tingkat dasar pada Minggu (31/05) pukul 17.00 WIB.
Sumber: Humas Setda