Selasa, 9 Juni 2009 08:35

BELITUNG SAMBUT SAIL INDONESIA 2009

Tanjungpandan - "Belitung adalah marina alami" demikian sanjungan ini diungkapkan oleh ketua Yayasan Cinta Bahari Indonesia Raymond T. Lesmana pada saat memulai presentasi dan rapat awal pelaksanaan Sail Indonesia 2009 di Kabupaten Belitung sekaligus penandatanganan MOU Sail Indonesia di Kabupaten Belitung Tahun 2009 antara pihak Pemerintah Kabupaten Belitung dengan Yayasan Cinta Bahari Indonesia.

Sedianya Sail Indonesia 2009 di Kabupaten Belitung akan berlangsung pada tanggal 21 Oktober s.d 25 Oktober 2009 bertempat di Pantai Tanjung Kelayang. Pelaksanaan Sail Indonesia tahun ini digabungkan dengan pelaksanaan Sail Bunaken di Kabupaten Bitung sebagai salah satu ajang promosi Wisata Bahari Tingkat Nasional,  yang pelaksanaanya akan dibuka secara resmi oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 12 hingga 20 Agustus 2009. Informasi ini disampaikan oleh Raymond T. Lesmana pada saat memaparkan kesiapan yayasan Cinta Bahari Indonesia terhadap pelaksanaan Sail Indonesia 2009, bertempat di Ruang Sidang Setda Kabupaten Belitung tanggal 9 Juni 2009 sekitar pukul 10.00 WIB.

Kondisi alami yang dimiliki Kabupaten Belitung inilah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi para pelancong untuk datang ke Kabupaten Belitung terutama di Bagian Utara, tepatnya di Pantai Tanjung Kelayang. Sehingga Yayasan Cinta Bahari Indonesia berkeinginan untuk terus melakukan kerjasama di bidang pengembangan Pariwisata khususnya sektor bahari. "Inilah warna alami yang paling cantik yang pernah ditemukan kami selaku pelayar Internasional selain di Daerah Kinibalu", Ungkap Raymond mengutip pernyataan yang pernah dikatakan yachter.

Dari pengalaman pelaksanaan Sail Indonesia 2007 dan 2008 di Kabupaten Belitung, mayoritas peserta Rally Yacht yang mengikuti kegiatan ini memilih untuk stay (tetap tinggal) di Kabupaten Belitung sebagai destinasi akhir Sail Indonesia. Hal ini disebabkan oleh indahnya panorama alam yang dimiliki Kabupaten Belitung berikut pertunjukan tradisional yang variatif, attraktif dan unik. Kenyataan ini pulalah yang membuat Yayasan Cinta Bahari Indonesia kembali ingin menyelenggarakan Sail Indonesia 2009 di Kabupaten Belitung.

Sementara itu Kabag Humas Setda Kabupaten Belitung Suharyanto, S.AP selaku Sekretaris Panitia Pelaksana Sail Indonesia 2009 diawal kegiatan ini mengungkapkan bahwa pada Sail Indonesia 2009 ini setidaknya terdapat 130 kapal layar Internasional yang akan berlabuh di Kabupaten Belitung. Pelaksanaanya tahun ini dikombinasikan pula dengan berbagai acara sehubungan dengan peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan dan Kegiatan Maras Taun. Meskipun pihak Pemerintah Kabupaten Belitung telah melakukan perjanjian kesepakatan kerja sama diawal pelaksanaan Sail Indonesia tahun 2007, namun untuk tertib kegiatannya pada tahun ini kembali dilakukan penandatanganan MOU sebagaimana kegiatan yang dimaksud, " Jelas Suharyanto, S.AP.

Lebih lanjut Suharyanto, S.AP yang juga bertindak sebagai moderator pada Rapat koordinasi pra Sail Indonesia 2009 ini berharap agar pelaksanaan Sail Indonesia 2009 dapat benar-benar menjadi perhatiaan berbagai pihak terkait utamanya di bidang Keamanan. Mengingat hal ini merupakan prasyarat mutlak bagi kelancaran dan kesuksesan selama kegiatan berlangsung.

Ditempat yang sama Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein menyampaikan bahwa prospek Kabupaten Belitung ke depan semakin baik, karena adanya promosi Sail Indonesia yang telah menjadi pembicaraan di dunia oleh para Yachter yang pernah singgah di Kabupaten Belitung. Apalagi Belitung adalah tempat yang strategis sebagai destinasi Sail Indonesia. "Belitung merupakan pelaksana Sail Indonesia terbaik kedua setelah Ende,' demikian diungkapkan oleh Darmansyah mengutip berbagai media cetak Bahari/layar yang beredar di Indonesia maupun di mancanegara.

Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, BA yang turut serta dalam Rapat ini, memberikan saran agar pada pelaksanaan Sail Indonesia 2009 nanti para peserta Rally Yacht dapat memiliki privasi, dan dapat menikmati suasana yang tidak jauh berbeda dengan kondisi di Negara masing-masing terutama dalam hal ketersediaan makanan yang berstandar Internasional.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain para Asisten di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung mulai dari Asisten I Bidang Pemerintahan, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, serta Asisten III Bidang Administrasi; Kepala Polres Belitung AKBP Rudy Tranggono kemudian; para Kepala Dinas/Instansi/Lembaga/Kantor dan Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, para Camat dan Kepala Desa Sijuk serta para Pimpinan di Bank Mandiri, BNI, Sumsel, BRI dan BCA termasuk para pelaku Usaha yang terkait dengan kegiatan ini.***Zha-Cha Sumber: Humas Setda Kab. Belitung