Senin, 8 Juni 2009 08:51

PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

Tanjungpandan - Perubahan iklim Global telah menyebabkan penurunan kualitas lingkungan hidup yang mempengaruhi kehidupan manusia di muka bumi. Menghadapi permasalahan tersebut, pada tahun 2009 ini, lembaga lingkungan hidup internasional, United Nations Environment Programme (UNEP) menetapkan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2009 sebagai "Your Planet Needs You-Unite to Combat Climate Change". Di Indonesia tema ini menjadi "Bersama Selamatkan Bumi dari Perubahan Iklim".

Tema ini mengajak semua pihak secara bersama baik masyarakat, dunia usaha maupun pemerintah, untuk berperan dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup. Pemerintah pusat dan daerah, agar dapat membuat perubahan besar dengan mengarusutamakan lingkungan dalam seluruh kebijakan yang dikeluarkannya. Dunia usaha sangat berperan dalam melaksanakan mekanisme produksi bersih, yang menjadi cermin kepedulian pengusaha dalam memberi andil dalam pengelolaan lingkungan hidup. Masyarakat secara nyata berkontribusi besar mengatasi dampak perubahan iklim dengan membuat berbagai gerakan masyarakat, seperti penanaman dan pemeliharaan pohon, konservasi sumber daya alam di hutan, lahan, sungai maupun laut, penggunaan energi listrik dan bahan bakar secara arif serta penerapan "3R" (Reuse, Reduce, Recycle) sampah. Hal terakhir ini merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang No.18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan sampah, dimana pengelolaannya merupakan tanggung jawab kita bersama. Ungkap Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein disela-sela sambutannya saat menyampaikan pidato Menteri Negara Lingkungan Hidup (Bapak Ir. Rahmat Witoelar).

Dalam sambutannya Bupati Belitung juga menghimbau kepada para PNS untuk turut berperan aktif dalam mengatasi dampak perubahan iklim global, salah satunya dengan berpartisipasi memelihara dan membersihkan lingkungan sekitar, Beliau juga mengungkapkan bahwa pemeliharaan lingkungan hidup bukan hanya menjadi tanggung jawab Instansi/Dinas terkait akan tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai aparat pelayan masyarakat, Tegas Bupati.
Upacara bendera peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang tepatnya jatuh pada Tanggal 5 juni 2009 berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Belitung pada Senin (08/06) yang dihadiri pula Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, BA, Ketua DPRD Kab. Belitung Drs. Suhardi, Unsur Muspida, Kadin/Kabag beserta para PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. Acara berlangsung pada pukul 08.00 WIB, masing-masing peserta terlihat tampak khidmat mengikuti prosesi jalannya upacara bendera peringatan hari Lingkungan Hidup sedunia. Rangkaian acara apel bulanan sekaligus upacara bendera ini ditutup dengan pembacaan doa.***Fodicha
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung