Sabtu, 13 Juni 2009 07:06

PENUTUPAN PELATIHAN KETERAMPILAN PENCARI KERJA TAHUN 2009

Tanjungpandan, Masalah ketenagakerjaan ke depan diperkirakan semakin kompleks. Hal ini terjadi karena pertumbuhan pencari kerja cenderung tidak sebanding dengan ketersediaan  lapangan kerja. Menurut survey Badan Pusat Statistik Indonesia, angka pengangguran terbuka di Indonesia sampai dengan Agustus 2008 mencapai 9,39 juta jiwa atau 8,39 persen dari total angkatan kerja. Pengangguran terbuka didominasi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan sebesar 17,26% dari jumlah penganggur. Kemudian disusul lulusan Sekolah Menengah Atas (14,31% persen), lulusan universitas 12,59%, diploma 11,21%, lulusan SMP 9,39% dan SD ke bawah 4,57%.

Realitas hari ini juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan pokok di bidang ketenagakerjaan di Kabupaten Belitung, utamanya yang menyangkut keterbatasan alternatif lapangan kerja, keterhambatan pengembangan tenaga kerja mandiri yang berbasis usaha kecil menengah, serta kualitas tenaga kerja itu sendiri.

Oleh sebab itu, secara khusus saya menghimbau kepada  para  peserta  pelatihan, hendaknya ilmu dan pengalaman yang diperoleh dapat diaplikasikan sehingga menjadi lebih bermanfaat, berdaya guna dan berhasil guna. Selain itu, bagi para pencari kerja hendaknya tidak terfokus pada lowongan pekerjaan yang ada, akan tetapi diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, agar dapat menampung para pekerja lainnya. Dalam hal ini menyangkut pengembangan usaha atau kewirausahaan yang tentunya dapat terealisasi dengan baik dibantu peran serta dinas/instansi dan lembaga terkait lainnya. Dengan demikian, pembekalan keterampilan yang diperoleh pada kegiatan ini dapat diaplikasikan segera. Tegas Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung Drs. H. Arham Armuza, S.IP saat membacakan Sambutan dari Bupati Belitung pada penutupan kegiatan Pelatihan Keterampilan Pencari kerja program ketenagakerjaan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tahun 2009.

Dalam Laporan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Penutupan Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja Tahun 2009, dalam hal ini PPTK Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja Zakaria mengungkapkan, "kegiatan ini telah berlangsung sejak tanggal  18 Mei 2009 sampai dengan tanggal 10 Juni 2009 yang terselenggara Berdasarkan DPA SKPD No.1.14.0100.07.10.5.2 Tanggal 8 Januari 2009 dan Keputusan Pengguna Anggaran (KPA) bidang PPTK Transmigrasi Kabupaten Belitung No.560/02/KEP-KPA/C/DSTKT/2009 Tanggal 1 Maret 2009 Tentang Penunjukan PPTK dan Staf Pengelola Kegiatan Pelatihan Keterampilan Pencari kerja Program Ketenagakerjaan Tahun 2009. peserta pelatihan berasal dari 5 kecamatan se Kabupaten Belitung berjumlah 52 Orang yang berhasil mengikuti pelatihan sampai dengan selesai dengan rincian:  Pelatihan keterampilan las terdiri dari 18 orang, pelatihan keterampilan montir sepeda motor 16 orang dan pelatihan keterampilan reparasi peralatan listrik rumah tangga 18 orang.

Materi pelatihan yang telah diberikan kepada peserta disesuaikan dengan target untuk pencapaian standar pengetahuan keterampilan pekerjaan yang dilatih dengan perbandingan teori 30% dan praktek 70% dengan melibatkan instruktur/pelatih yang berasal dari lembaga pelatihan yang berkompeten dibidangnya, yakni Guru dari SMK Negeri 2 Tanjungpandan yang berjumlah 6 orang, Guru dari SMP Negeri 7 Tanjungpandan berjumlah 4 orang dan Instruktur LPS Adika Electric sebanyak 2 orang. Kegiatan praktek berlangsung di 3 tempat yakni, di Bengkel Kerja SMP Negeri 7 Tanjungpandan untuk pelatihan las, bengkel praktek SMK Negeri 2 Tanjungpandan untuk pelatihan montir sepeda motor dan di LPS Adika Pangkallalang Tanjungpandan untuk Pelatihan reparasi peralatan rumah tangga, " Jelas Zakaria.

Acara penutupan ini digelar pada pukul 09.00 WIB bertempat di Wisma Aditya dengan dihadiri pula oleh Kadin/Kabag di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, tim pengajar kegiatan pelatihan keterampilan pencari kerja, para peserta, insan media beserta para undangan lainnya. ***(Cha)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung