Jum'at, 12 Juni 2009 07:08

PELATIHAN WASIT JURI PENCAK SILAT DI KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2009

Tanjungpandan, Jum'at (12/06) - "Kita sadari bersama bahwa meskipun Pencak Silat adalah olahraga yang berasal dari Indonesia, dan sangat dikenal atau dekat di hati masyarakat. Namun saat ini pencapaian prestasi di tingkat Internasional dinilai banyak kalangan mulai menurun. Bahkan untuk skala nasional dan daerah juga belum atau kurang mengalami kemajuan yang berarti. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari lemahnya pembinaan atlet, kurangnya minat generasi muda untuk menggeluti Pencak silat, hingga masalah-masalah krusial lainnya yang menyangkut sumber daya manusia seperti minimnya pelatih, wasit/juri akibat tidak aktif lagi dan sebagainya. Memandang realitas ini, saya berharap agar para wasit dan juri yang mengikuti pelatihan ini dapat bersungguh-sungguh memahami tiap materi yang disampaikan para intruktur, agar kedepan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Tegas Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, BA dalam sambutannya saat membuka acara Pelatihan Juri Pencak Silat Di Kabupaten Belitung Tahun 2009.

Perwakilan dari KONI Kabupaten Belitung Wisnoe Soetanto saat membacakan sambutan dari ketua KONI juga mengungkapkan "Apa yang didapat dari program ini hendaknya dapat menjadi bekal untuk para peserta pelatihan untuk menciptakan bibit-bibit atlet yang berkualitas untuk berlaga di kejuaraan Nasional maupun Internasional".

Kegiatan yang bertema "Kita Tingkatkan Sportiviti dan Prestasi Menuju Porprov 2010" ini mengacu pada program kerja Pengkab IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kabupaten Belitung Tahun 2009 menimbang hasil pertemuan anggota Pengkab IPSI beberapa bulan sebelumnya yang bertujuan meningkatkan ketersediaan wasit juri dalam event pertadingan Pencak silat secara umum dan pelaksanaan Porprov 2010 mendatang. Adapun maksud dan tujuan pelatihan wasit juri tahun 2009 ini adalah untuk menyatukan sikap dan pandangan bersama Perguruan Pencak Silat dalam melaksanakan pertandingan pencak silat, menentukan pola kerja dan sistem penilaian antara perguruan  dalam rangka peningkatan mutu atlet yang akan menjadi duta ke tingkat yang lebih tinggi, mempersiapkan atlet ke tingkat provinsi dan tingkat nasional serta pelaksanaan koordinasi antara jajaran organisasi. Jelas Ketua Panitia Vulta Yohanes, saat menyampaikan laporan acara Pelatihan wasit juri Pencak silat tahun 2009.

Dalam Kegiatan pelatihan wasit juri Pencak Silat tahun 2009 diikuti sebanyak 26 peserta dari 8 perguruan Pencak Silat yang berada dibawah naungan Pengkab IPSI Kabupaten Belitung dan peserta dari UPTD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung yang direncankan berlangsung dari tanggal 12 s.d 18 Juni dari pukul 08.00-17.00 WIB dengan melibatkan sebanyak 5 orang narasumber yang berasal dari Pengda IPSI Kepulauan Bangka Belitung beserta pendamping.

Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh perwakilan Danlanud, Narasumber, para peserta dan panitia penyelenggara acara beserta undangan lainnya. Sumber: Humas Setda Kab. Belitung