Sabtu, 27 Juni 2009 03:13

PEMILIHAN BUJANG DAYANG BELITONG TAHUN 2009

Tanjungpandan, Pemerintah Kabupaten Belitung terus berupaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian aset wisata, mengajak para pelaku usaha untuk mengembangkan usaha parawisata dan melakukan kegiatan promosi wisata dalam berbagai kesempatan melalui media. Pemilihan Bujang Dayang Belitong tahun 2009 merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian aset dan promosi wisata yang berperan aktif dalam pengembangan parawisata daerah baik melalui pelestarian aset maupun kegiatan promosi wisata, Ungkap Bupati Belitung Ir. H.Darmansyah husein dalam sambutannya pada acara pemilihan Bujang Dayang Belitong yang digelar pada Sabtu (27/6) pukul 19.30 WIB bertempat di Gedung Nasional Tanjungpandan.

Bupati juga menambahkan selain pertambangan dan perikanan Kabupaten belitung mempunyai potensi yang cukup besar di sektor yang cukup besar di sektor parawisata baik wisata alam, budaya, kuliner maupun bahari agar potensi wisata ini dapat kita jual kepada wisatawan setidaknya diperlukan tiga hal yaitu pelestarian aset wisata, pengembangan wisata dan promosi wisata, tegas Bupati.

Dalam pemilihan Bujang Dayang Belitong yang mengusung tema "Melalui Pemilihan dan Pembinaan Bujang Dayang Belitung Kita Tingkatkan Apresiasi Generasi Muda Dalam Menggali dan Melestarikan Budaya Daerah Sebagai Aset Pariwisata" terpilih 10 pasang finalis yang sebelumnya telah mengikuti proses karantina pada Kamis (25/6) sd (27/6) bertempat di hotel Pondok Impian Tanjungpandan. Salah satu rangkaian kegiatan pembekalan yang dilakukan para finalis yakni kunjungan ke kantor Harian Pagi Pos Belitung pada sabtu pagi didampingi PPTK Pemilihan Bujang Dayang Belitong Rohili, Staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Shofwan AR dan salah satu juti Arbuan. Banyak hal yang mereka peroleh dalam kunjungan tersebut, diantaranya pengenalan dunia media massa, informasi dan pembekalan sekaligus menyaksikan proses produksi dan peragaan cara kerja mesin cetak koran.
Setelah melalui proses penyaringan yang ketat terpilihlah 7 pasang finalis yang berhak meraih gelar juara dengan berbagai kategori. Juara Bujang Belitong diraih oleh Yosva Reginald dari kecamatan Tanjungpandan, Bujang Belitong diraih Astri Milsa dari kecamatan Tanjungpandan,  Bujang Persahabatan diraih Krisna Aditya dari kecamatan badau dan Dayang persahabatan diraih Aninditya dari kecamatan Tanjungpandan, Bujang Fotogenic diraih Eko Prihatin dari kecamatan Sijuk, Dayang fotogenic diraih Hannah HM dari kecamatan Tanjungpandan, Bujang Favorite diraih Hendrik Priatna dari kecamatan Tanjungpandan, Dayang Favorite diraih Hannah HM dari kecamatan Tanjungpandan.

Untuk tidak mengecewakan peserta dewan juri dan panitia juga memberikan apresiasi dengan memberikan juara Wakil I Bujang yang diraih oleh Hendrik Priatna dari kecamatan Tanjungpandan, Wakil I Dayang diraih Siska Novianti dari kecamatan Tanjungpandan. Sedangkan Juara Wakil II Bujang diraih Randy Malfareza dari kecamatan tanjungpandan, Wakil II Dayang diraih Kamila Gannisha dari ecamatan tanjungpandan. Juara Bujang Harapan I diraih Bujang Eko Prihatin dari kecamatan Sijuk dan Dayang Harapan diraih Ni made Herianti dari kecamatan Sijuk. Sumber: Humas Setda Kab. Belitung