Selasa, 30 Juni 2009 03:48

BUPATI BELITUNG RESMIKAN RUMAH ADAT BELITONG, LANTIK PEMBINA ADAT BELITUNG DAN KEPENGURUSAN DEWAN KESENIAN BELITUNG

Tanjungpandan, Masih bertepatan dengan peringatan Hari jadi kota Tanjungpandan Ke-171 Selasa (30/6) pukul 09.00 WIB bertempat di Rumah Adat Belitong, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein meresmikan Rumah Adat Belitong yang disebut Rumah Panggong sekaligus melantik Pembina Adat Belitung beserta Dewan Kesenian Belitung periode tahun 2009-2013.

Hadir dalam acara Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, BA, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Drs. Suhardi, Sekda Kab. Belitung Ir. H. Mulgani, para Unsur  Muspida Kab. Belitung, Kadin/Kabag Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung para penggerak PKK, para pengurus pembina adat Belitung, para pengurus Dewan kesenian Belitung beserta para undangan lainnya.

Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein meminta kepada masyarakat Belitung agar masalah adat istiadat dan aset budaya daerah mari kita jaga sama-sama dan kita lestarikan melalui sosialisasi dan penyebarluasan adat istiadat masyarakat di daerah ini, Agar lebih terkoordinir diperlukanlah lembaga adat yang diharapkan mampu membina pemberdayaan, pelestarian dan pengembangan adat istiadat masyarakat kabupaten Belitung, ujar Bupati.

Sementara Kabag Humas diwakili Kasubag Hubungan Lembaga M.Saleh menambahkan dengan pelantikan pembina adat, maka pelestarian aset daerah bertambah, semoga lembaga adat dan pembina adat dapat berperan menjembatani dan mengembangkan aset budaya daerah, menjaga kelestarian adat tradisional yang tidak terkontaminasi dengan kemajuan zaman modern.

Dengan diresmikannya Rumah adat Belitung ini terpilihlah H. Syahroel Siman sebagai ketua Pembina Adat Belitung dan Drs. Mansyur Masud sebagai ketua Dewan Kesenian Belitung. Pembina Adat dan Dewan Kesenian Belitung mempunyai tugas dan fungsi untuk merencanakan dan membina pemberdayaan, pelestarian dan pengembangan adat istiadat dan kesenian masyarakat Kabupaten Belitung, Mencatat dan mendokumentasikan adat istiadat dan kesenian tradisional masyarakat dalam kabupaten yang bersangkutan, mensosialisasikan dan menyebarluaskan adat istiadat dan kesenian masyarakat Kabupaten Belitung, mengikuti perkembangan Lembaga adat Desa/Kelurahan dan kesenian di kabupaten Belitung secara proaktif dan membina hubungan kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Belitung.

Harapannya semoga pembina adat dan Dewan Kesenian Belitung mampu berperan melaksanakan tugas dan fungsinya serta membina hubungan baik dengan Pemerintah kabupaten Belitung dan masyarakat luas.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung