Jum'at, 17 Juli 2009 08:55

PEMBUKAAN PELATIHAN TENAGA PEMBINA/PENGELOLA UKS TK-SD SE-KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan, ”Arti penting dan eksistensi UKS terkait dengan masalah kesehatan sekolah dan terciptanya lingkungan sekolah yang sehat serta aman, bukan hanya menjadi agenda dan digalakkan di Negara kita saja. UKS di banyak negara lain di dunia, terkenal dengan istilah Health Promoting School, sangat berperan dalam mensosialisasikan informasi/pendidikan kesehatan sekolah, memberikan akses terhadap pelayanan kesehatan, serta berperan aktif dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Program UKS sangat penting untuk membudayakan perilaku hidup sehat pada anak sekolah. Lebih lanjut diharapkan anak sekolah dapat menjadi agen pembangunan dan agen perubahan terhadap pembudayaan perilaku hidup sehat di lingkungan keluarga dan sekitarnya”, Ungkap Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Nuhadi, S.IPem saat membacakan sambutan dari Bupati Belitung pada Pembukaan Kegiatan Pelatihan Tenaga Pembina/Pengelola UKS TK-SD Se-Kabupaten Belitung Senin (13/7) di Gedung Wanita Tanjungpandan.

”ke depan saya juga berharap agar mutu dan prestasi sekolah dapat ditingkatkan melalui adanya UKS yang memiliki kualifikasi atau standar yang baik dan sangat baik. Apalagi pada tahun 2009 ini, salah satu SD di Kabupaten Belitung, tepatnya SDN No.44 Tanjungpandan telah terpilih menjadi Wakil Propinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengikuti Lomba UKS di Tingkat Nasional. Semoga prestasi ini dapat terus ditingkatkan dan diikuti oleh sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Belitung”, tegas Nuhadi, S.Ipem.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari (13 s.d 15 Juli) yang diikuti tenaga pembina/pengelola UKS se-Kabupaten Belitung dengan pemberian materi meliputi, Kebijakan BAPPEDA dalam pembinaan dan pembangunan UKS, Pendidikan kesehatan sekolah, Manajemen pembinaan dan pengembangan UKS, Kebijakan Dinkes dalam pembinaan dan pengembangan UKS, Pemeliharaan lingkungan sekolah sehat, Kebijakan Depag dalam pembinaan dan pengembangan UKS, Program pendidikan kesehatan (mengenai Aktifitas sehari-hari, Aku ingin sehat serta Makanan bergizi) dengan narasumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabag Kesejahteraan Sosial, Departemen Agama, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung.***Cha
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung