Selasa, 28 Juli 2009 04:48

IPSI GELAR KEJUARAAN TERBUKA PENCAK SILAT TAHUN 2009

Tanjungpandan, Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein dalam sambutannya pada Penutupan Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Tahun 2009, Sabtu (25/7) mengungkapkan “Pencak Silat bukan hanya ditujukan untuk meningkatkan prestasi olahraga semata, tetapi juga meningkatkan pengembangan seni budaya asli Indonesia. Mengingat potensi olahraga dan seni pencak silat sangat strategis dalam mendukung pembangunan di bidang pariwisata. Pengembangan dukungan terhadap olahraga pencak silat ini memberikan dampak terhadap kebudayaan yang didalamnya terkandung budaya kompetisi, sportivitas dan budaya sehat.

Disela-sela sambutannya Bupati juga tak lupa menyampaikan rasa kebanggannya bahwa Pengkab IPSI melalui Perguruan Pencak Silat Belalang Putih ditunjuk mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam ajang Jambore Nasional Pencak Silat yang diikuti 53 perguruan Pencak Silat se-Indonesia termasuk dari mancanegara di taman Bunga Mekarsari Jawa Barat.

Kejuaraan terbuka yang digelar pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) telah berlangsung selama 4 hari sejak rabu (22/7) hingga sabtu (25/7) di GOR Tanjungpandan yang diikuti sebanyak 74 pesilat dari 8 perguruan pencak silat di kabupaten Belitung. Setiap kelas yang dipertandingkan terdiri dari dua orang peserta dari masing-masing kecamatan dengan persyaratan peserta sudah berusia 17 tahun.

Setelah melalui rangkaian pertandingan dalam beberapa hari, maka terpilihlah Perguruan silat Persinas Asad untuk kategori putra dan Perguruan silat Belalang Putih untuk kategori putri yang mendominasi perolehan mendali dalam pertandingan. Kegiatan ini merupakan upaya dan ajang seleksi untuk menyaring para     atlet berprestasi untuk persiapan PORPROV III Babel yang digelar pada tahun 2010 mendatang.***Cha Sumber: Humas Setda Kab. Belitung