Senin, 3 Agustus 2009 08:09

PELATIHAN MANAJEMEN KESENIAN KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2009

Tanjungpandan, Bertempat di Gedung Nasional Tanjungpandan, Pelatihan Manajemen Kesenian Kabupaten Belitung Tahun 2009 secara resmi dibuka oleh Bupati Belitung, yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi & Pembangunan Setda Kabupaten Belitung, Nuhadi, S. IPEM, yang ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada 2 orang perwakilan dari peserta pelatihan. Dalam sambutannya, beliau mengatakan, ”Kontinuitas dan kesinambungan kegiatan pelatihan-pelatihan di bidang seni merupakan bukti nyata akan adanya kesungguhan untuk menggerakkan dan mengembangkan potensi kesenian daerah, sebagai basis pendukung peningkatan sektor pariwisata”.

Nuhadi, S. IPEM menambahkan, ”Segala bentuk estetika dan kreatifitas dalam berkesenian juga perlu ditunjang dengan adanya pengaplikasian konsep-konsep manajemen yang baik, antara lain meliputi : perencanaan, pengorganisasian, aktualisasi, sekaligus melakukan fungsi kontrol sebagai bagian dari evaluasi dan pengendalian atas apa yang telah dilaksanakan”.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung, Sumardi, S.Pd selaku ketua panitia penyelenggara, menyampaikan tema dari kegiatan pelatihan ini yaitu, ”Melalui Pelatihan Manajemen Kesenian Kita Tingkatkan Profesionalisme Sanggar-Sanggar Kesenian”. Beliau juga mengatakan, ”Dengan adanya kegiatan ini diharapkan, pelaku-pelaku seni yang ada di Kabupaten Belitung akan lebih mampu melakukan manajemen terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan seni, terutama seni daerah yang ada di Kabupaten Belitung ini”, Tuturnya.

Kegiatan Pelatihan Manajemen Kesenian ini dihadiri oleh peserta antara lain: Guru-guru kesenian seluruh sekolah di Kabupaten Belitung, Utusan-utusan dari sanggar-sanggar seni se-Kabupaten Belitung, Seniman-seniman se-Kabupaten Belitung, serta pelaku-pelaku seni lainnya yang ada di Belitung. Sebagai instruktur dalam Pelatihan Manajemen Kesenian ini yaitu Dra Setyahastuti, M.Sn dan Drs. Gadang Djatmiko, dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.  **(Yulianza) Sumber: Humas Setda Kab. Belitung