Senin, 3 Agustus 2009 08:15

TARI MENTUDONG RAIH GELAR JUARA PADA LOMBA KARYA SENI DAN MUSIK TRADISIONAL TAHUN 2009

Tanjungpandan, Masyarakat Belitung menyambut antusias Lomba Cipta Karya Tari Musik Tradisional Tahun 2009 dengan tema ”Kita Tingkatkan Kreatifitas dan Produktivitas Pekerja Seni” yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung pada Jum’at malam (31/7) 2009. Hal ini terlihat dari ramainya masyarakat yang hadir memadati Gedung Nasional Tanjungpandan.

Kegiatan ini telah digelar pada tahun sebelumnya, mengingat animo positif masyarakat maka kegiatan ini kembali digelar pada tahun ini dengan harapan dapat mengasah kreativitas dan potensi seni tari dikalangan generasi muda yang memiliki apresiasi positif terhadap nilai-nilai seni budaya Daerah khususnya seni tari. Lomba ini diikuti kalangan pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMA di Kabupaten Belitung.

”kita sepakati bersama bahwa salah satu indikasi akan bangsa yang mengenal warisan budaya berupa seni tari dan musik tradisioanl yang sarat dengan simbol dan nilai-nilai budaya konteks tinggi. Untuk itu diperlukan upaya konkret dan terpadu untuk melestarikan warisan seni budaya tersebut. Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh pelaku seni agar dapat terus berkreasidan menggali potensi seni tradisional Belitung, serta mengenalkan dan menampilkannya ke dunia luas sebagai salah satu jalan untuk menunjukkan identitas Belitung guna mendukung suksesnya Visit Babel Archipelago 2010 yang akan datang” ungkap Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra.Hotmaria Ida saat membacakan sambutan Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein yang pada kesempatan ini berhalangan hadir.

Sebanyak 15 peserta unjuk kobolehan dalam lomba, masing-masing peserta menampilkan hasil kreasi masing-masing berupa Tarian Belitung. Lomba ini memperebutkan trofi dan hadiah uang tunai sebesar Rp 2 juta untuk juara pertama, Rp 1,5 juta untuk juara kedua serta 1 juta untuk juara ketiga sebagai uang pembinaan. Panitia juga memberikan penghargaan kepada Garapan iringan musik terbaik. Untuk juara pertama diraih Sanggar karya seni, juara kedua Sanggar dian praja dan juara ketiga diraih SDN 39 Tanjungpandan, sedangkan untuk Penata busana terbaik diraih Sanggar serunai.

Setelah melalui hasil rapat juri yang terdiri dari Setiastuti (Dosen ISI Yogyakarta), Armen (TMII) serta Wiwik WH (Dedi Lutan Dance Company) terpilihlah Tari Mentudong dari Sanggar Karya Seni sebagai juara pertama, disusul peserta dari Sanggar Dian Praja sebagai juara kedua dan SDN 17 Tanjungpandan sebagai juara ketiga.
Turut hadir dalam acara Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Sumardi, S.Pd, Tokoh keseniaan Belitung, para juri, para pelaku seni Belitung, para peserta, penonton serta para undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung