Jum'at, 7 Agustus 2009 08:35

DISBUDPAR KABUPATEN BELITUNG GELAR BIMBINGAN TEKNIS KEPARIWISATAAN TAHUN 2009

Tanjungpandan, Sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung peningkatan pariwisata, Pemerintah Kabubaten Belitung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Kepariwisataan pada Senin (3/7) dengan tema ”Kita tingkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor pariwisata untuk mendukung pelaksanaan Visit Bangka Belitung Archipelago 2010”. Kegiatan ini  dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, BA di Hotel Pondok Impian.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Belitung mengungkapkan ”Pemerintah Daerah menyambut antusias pelaksanaan Bintek ini, mengingat potensi besar pariwisata Belitung seperti gambaran dalam novel dan flim Laskar Pelangi yang booming tentunya menjadi nilai tambah yang positif bagi dunia kepariwisataan. Namun sayangnya potensi besar ini belum bisa digali dan dikembangkan secara baik, tidak tersedianya Sumber Daya Manusia yang menjadi penggerak sektor pariwisata menjadi salah satu hambatan yang harus kita hadapi bersama. Karena bangkitnya sektor pariwisata tidak hanya bermodal keadaan alam yang indah saja, namun dibutuhkan modal dasar lainnya seperti kompetensi dan profesionalisme para pelaku bisnis kepariwisataan maupun masyarakat luas. Oleh karenanya Pemerintah Daerah sangat mendukung kegiatan-kegiatan semacam ini dengan harapan dapat terwujud partisipasi masyarakat secara nyata dalam pembangunan sektor pariwisata Kabupaten Belitung”, Ungkapnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 6 hari, terbagi dalam dua sesi, untuk Bintek angkatan I akan berlangsung tanggal 3 s.d 5 Agustus 2009 disusul angkatan II tanggal 6 s.d 8 agustus 2009. para peserta bintek terdiri dari Pramuwisata, Instansi/dinas terkait, Lembaga pendidikan, Agencies, Bujang dayang Belitong 2009, Polisi pariwisata, Utusan rumah makan/restoran, Hotel serta para pelaku wisata lainnya di Kabupaten Belitung. Dengan total peserta sebanyak 80 orang. Untuk nara sumber terdiri dari Pejabat dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI, Pejabat Disbudpar Provinsi, Pejabat di Lingkungan Pemkab Belitung, Kepolisian, Praktisi pariwisata, Praktisi perhotelan, Asosiasi Trevel Wisata (ASITA), serta Himpunan pramuwisata indonesia (PHI).

Bintek ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan kalangan pelaku usaha dalam upaya promosi dan pemasaran pariwisata, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang Pariwisata yang handal dan mampu bersaing, meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wisatawan serta terwujudnya Sapta pesona wisata dan Sikap sadar wisata. Dalam kegiatan peserta diberikan materi yang berhubungan dengan dunia kepariwisataan baik secara lisan/tertulis maupun praktek, diskusi kelompok serta obserpasi/praktek lapangan.

Turut hadir dalam pembukaan Bintek Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Sumardi S.Pd, Ketua Panitia Upik Sumarti S.S beserta rekan-rekan, Nara sumber dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) I Nyoman Kandia, para peserta Bintek serta para undangan lainnya. Sumber: Humas Setda Kab. Belitung


Berita Lainnya