Jum'at, 28 Agustus 2009 01:35

DISKUSI DAN KAJIAN TENTANG PENDIRIAN MUSEUM MARITIM DI KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan, ”Museum adalah suatu lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti material hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian budaya bangsa”, ungkap Dra.Irna Trilestari, M.Hum selaku narasumber dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dalam kegiatan diskusi dan Advokasi Pendirian Museum Maritim di Kabupaten Belitung yang berlangsung pada Jumat (28/8) di Hotel Harlika Tanjungpendam.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Sumardi, S.Pd, Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, para camat, lurah, pelaku budaya, tokoh masyarakat serta para undangan lainnya. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan sekaligus sosialisasi mengenai rencana pendirian museum maritim di Kabupaten Belitung yang direncanakan akan di bangun di Kawasan Wisata Tanjungpendam.

Selain itu materi juga disampaikan oleh Teguh Hari Susanto, M.Hum menyangkut beberapa hal yang berkaitan dengan meseum dan komponen pendukungnya, diantaranya mengenai fungsi museum, pengelolaan museum, koleksi yang ditampilkan, syarat dan komponen yang harus dipenuhi dalam pendirian museum maritim, baik menyangkut (kualifikasi SDM di museum, struktur organisasi dan koleksi yang akan ditampilkan).

Kegiatan diskusi berlangsung attraktif, para peserta antusias mengajukan pertanyaan dan pendapat mengenai pendirian museum maritim tersebut. Dari hasil diskusi disimpulkan bahwa secara umum para pejabat daerah dan masyarakat antusias dan mendukung penuh rencana pendirian museum maritim ini, mengingat besarnya manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya museum ini, disamping dapat menjadi sarana rekreasi bagi masyarakat sekaligus sebagai pusat observasi dan edukasi. Pendirian museum ini tentunya suatu kegiatan fositif yang mendukung kemajuan pariwisata di Kabupaten Belitung. Semoga hal ini dapat terealisasikan dengan baik tentunya dengan kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan masyarakat luas.***Fodicha
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung