Kamis, 3 September 2009 16:09

SAFARI RAMADHAN, BUPATI DISUGUHI KEPITING KHAS DUSUN DUDAT

Membalong,- Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein beserta segenap Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Asy Syuhada Dusun Dudat Desa Lasar Kecamatan Membalong dalam rangka silaturahim sekaligus memberikan penyerahan bantuan berupa uang, sajadah gulung, alquran, surat yasin dan penyedot debu yang diserahkan langsung oleh Bupati serta bantuan Zakat dari Badan Amil Zakat Belitung kepada 10 orang mustahap di lingkungan setempat.

Dalam sambutannya yang berlangsung seusai sholat berjamaah (sholat isya, tarawih dan witir) dan penyerahan bantuan, Bupati mengungkapkan bahwa Pemerintah akan terus berupaya memperhatikan Pembangunan daerah dalam berbagai sektor khususnya dusun Dudat, diantaranya dengan menggali potensi daerah yang potensial bagi perkembangan daerah seperti halnya, berbagai hasil laut (rumput laut, kepiting). Selain itu potensi lainnya dari sektor pertanian, kebiasaan bertani dan berladang juga perlu digalakan agar tidak terfokus pada sektor kelautan saja. Tidak ketinggalan Bupati juga menghimbau masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar, ungkap Bupati.

Dusun Dudat merupakan bagian dari Desa Lassar Kecamatan Membalong dengan jumlah penduduk sekitar 558 jiwa ( laki-laki 230 jiwa dan Perempuan 319 jiwa) dan 176 jiwa kepala keluarga. Mata pencaharian utama penduduk sekitar 85% berprofesi sebagai Nelayan.

Dalam sambutannya Kepala Desa Lassar mengungkapkan ”Kegiatan safari ramadhan telah dipersiapkan warga setempat selama beberapa hari yang lalu, salah satunya melalui musyawarah yang digelar pada Jum’at (28/8). Beliau juga menyampaikan beberapa permintaan masyarakat setempat kepada pemerintah diantaranya mengenai bantuan untuk pembangunan mesjid serta bantuan alat penerangan berupa gingset atau mesin diesel.

Acara safari ramadhan yang juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Belitung Drs.Suhardi, para muspida, para Kadin/Kabag Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, segenap tokoh agama, masyarakat setempat dan para undangan lainnya ini berlangsung cukup meriah, seusai berbuka dan sholat magrib berjamaah, para undangan langsung menuju ruang saji untuk menikmati sajian khas desa dudat yakni kepiting alias ”Ketam”. Selain berbagai seafood, panganan khas Ramadhan juga tidak ketinggalan disediakan tuan rumah untuk memanjakan  para tamu yang tampak sedikit kelaparan, mengingat perjalanan menuju desa Dudat yang lumayan jauh sekitar satujaman dari Tanjungpandan.

Acara ini diakhiri dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Drs.H.Arham Armuza serta pembacaan do’a.***Cha

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung