Rabu, 9 September 2009 16:38

BUPATI SAMPAIKAN JAWABAN EKSEKUTIF ATAS PEMANDANGAN UMUM ANGGOTA DEWAN

Tanjungpandan, Rapat Paripurna Ke XXII Masa Persidangan III DPRD Kabupaten Belitung Tahun Sidang 2009 kembali digelar pada Rabu (9/9) pukul 09.00 WIB di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Belitung dengan agenda Penyampaian Jawaban Eksekutif atas Pemandangan Umum Anggota Dewan terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tentang Anggaran 2010 dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengikatan Dana Pembangunan di Kabupaten Belitung dengan pelaksanaan pekerjaan tahun jamak.

Penyampaian jawaban eksekutif ini sebagai tindak lanjut dari Rapat Paripurna ke XIX yang digelar pada Selasa (8/9) tentang Pemandangan Umum anggota Dewan yang disampaikan oleh Sdr.Drs.Ruslie Saie, Sdr.Amiruddin Hamzah, SH dan Sdri.Dra Mintarsih.

Dalam jawaban Bupati terhadap pemandangan umum yang disampaikan Sdr.Ir.Rusli Saie dijelaskan bahwa mengenai rencana pembangunan Hotel Pemerintah Kabupaten Belitung di Pangkalpinang berangkat dari keinginan untuk mendayagunakan asset strategis yang semula cost center dengan fungsi pelayanan yang relatif rendah, menjadi profit center yang dapat mendorong peningkatan pendapatan asli daerah. Sedangkan mengenai rencana pembentukan Gedung Diklat untuk kegiatan pendidikan dan latihan pegawai di lingkungan pemerintah kabupaten Belitung baik Diklat prajabatan, Diklat struktural maupun Diklat fungsional dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah, oleh karenanya pembangunan ini membutuhkan gedung yang representatif yang dilengkapi fasilitas bangunan kelas, asrama, penginapan widyaiswara, auditorium dan bagunan serbaguna serta fasilitas olahraga, tempat ibadah, dan bangunan pengolala. Selain itu fasilitas tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan umum sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah.

Menaggapi pemandangan umum yang disampaikan Sdr.Amiruddin Hamzah, SH, Bupati menjelaskan bahwa kami akan berupaya semaksimal mungkin melakukan sosialisasi materi Peraturan Daerah pengikatan dana pembangunan pelaksanaan pekerjaan tahun jamak secara menyeluruh. Sosialisasi ini akan dilakukan secara komprehensif, penetapan sumber dana yang jelas, pelaksanaan tender yang tegas dan pengawasan pekerjaan yang ketat.

Sedangkan mengenai pemeliharaan kebersihan tempat pemakaman umum (TPU) Setya Mulya Tanjungpandan yang disampaikan Sdri.Dra.Mintarsih sesungguhnya telah dilaksanakan secara rutin. Namun karena petugas kebersihan hanya 2 orang dan padatnya makam maka pemeliharaan tidak dimungkinkan dapat berjalan optimal. Akan tetapi pada tanggal 1 september 2009 Dinas Kebersihan, Pasar dan Pertamanan Kabupaten Belitung bekerjasama dengan komunitas pekerja sosial Belitung melakukan kerja bhakti pemeliharaan kebersihan TPU Setya Mulya menggunakan penyemprotan dan ditindak lanjuti dengan program kerja bhakti 1 bulan sekali dengan melibatkan partisipasi masyarakat, ungkap Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein.

Turut hadir dalam Rapat Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Drs.Suhardi selaku pimpinan Rapat, para Muspida, para anggota Dewan sebanyak 22 anggota yang hadir, para Kadin/kabag jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, anggota penggerak PKK, Organisasi pemuda serta para undangan lainnya.***Cha
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung