Selasa, 15 September 2009 06:44

BUPATI RESMIKAN BANTUAN RUMAH DAN MESIN LAS

Tanjungpandan, Sebagai kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar Desa Pegantungan PT.Belitung Industri Sejahtera bekerja sama dengan PT.Babel Inti Perkasa memberikan bantuan sosial berupa rumah layak huni dan seperangkat mesin las yang diresmikan dan diserahkan langsung oleh Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein pada Selasa (15/9) pukul 10.00 WIB di Balai Desa Pegantungan.

Acara ini dihadiri pula Camat Badau Drs.Suksesyadi, Kepala Desa Pegantungan Ahid Mustofa, Direktur PT.Belitung Industri Sejahtera H.Yessy Kaligis beserta staf, perwakilan Danlanud, Dandim 0414 Belitung Letkol Czi.M.Jangkung Widyanto, perwakilan Kapolres, para Perangkat Desa Pegantungan serta masyarakat setempat.

Penyerahan bantuan berupa rumah layak huni sebanyak 3 unit, ukuran 5 Mtr x 5 Mtr yang diserahkan kepada warga setempat dan seperangkat mesin las yang diberikan kepada pemuda karang taruna. Sebelumnya pada Jum’at (11/9) PT.Belitung Industri Sejahtera yang telah berdiri sejak 2 tahun kedepan dan bergerak di bidang peleburan pasir timah telah menggelar kegiatan buka puasa bersama yang ditandai dengan penyerahan bantuan uang tunai kepada janda dan anak yatim sebanyak 76 orang.

Dalam sambutannya Yessy Kaligis mengungkapkan bahwa pemberian bantuan kepada masyarakat setempat memang telah dilakukan secara rutin diantaranya berupa sarana olahraga, mesin las listrik dan karbit, bantuan kepada anak yatim, pembangunan untuk mesjid serta pembangunan rumah sederhana yang saat ini sedang direncanakan di Desa Sungai Samak dan Desa Dukong. Hal ini merupakan bentuk nyata dan komitmen perusahaan dalam membantu pemerintah meringankan beban masyarakat kurang mampu sekaligus mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Belitung, Ujarnya.

Bantuan mesin las yang diberikan kepada para pemuda karang taruna bertujuan untuk mendidik masyarakat dan pemuda setempat agar menjadi tenaga ahli las. Mereka nantinya akan dididik oleh tenaga ahli las dari perusahaan dan pada akhirnya diharapkan dapat mempermudah pencarian lapangan pekerjaan dengan bekal ilmu las yang diberikan, mengingat masih minimnya tingkat pendidikan di Daerah setempat, Katanya.

Bupati Belitung menyambut baik kegiatan ini, beliau berharap agar kegiatan-kegiatan positif semacam ini dapat terus berjalan, tentunya dengan pertimbangan-pertimbangan yang telah terencana dengan baik agar tepat pada sasaran yang diharapkan, sehingga bantuan yang diberikan dapat menjadi nilai guna yang bermanfaat dan tidak sia-sia. Ada baiknya sebelum melakukan penyerahan bantuan pihak perusahaan dapat berkoordinasi kepada perangkat desa setempat mengenai apa yang dibutuhkan agar penggunaanya dapat direalisasikan dengan baik, Ungkap Darmansyah.

Selain itu Beliau juga mengungkapkan mengenai rencana program kerja Pemerintah Kabupaten Belitung ke depan terutama mengenai rencana penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) disekitar kawasan Daerah Suge. Terkait hal tersebut Beliau menyinggung mengenai “Budidaya Rumput Laut” yang prospek ke depannya cukup menjanjikan, yang nantinya didukung dengan adanya pembangunan pabrik pengolahan yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, terutama dalam penyediaan lapangan pekerjaan.

Sementara itu, Darmansyah menghimbau agar kita senantiasa menjaga dan melindungi hutan, “Mari Menanam Pohon”, jangan membakar hutan jika tidak ada keperluan yang penting. Hal ini untuk mengurangi dampak minimnya persediaan air di Kabupaten Belitung, Tegas Darmansyah.

Kegiatan ini diakhiri dengan peresmian rumah bantuan oleh Bupati Belitung yang ditandai dengan pengguntingan pita serta peninjauan Dermaga yang terletak tidak jauh dari Balai Desa.***F-Cha

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung