Selasa, 29 September 2009 04:10

WABUB SIDAK PARA PNS DI LINGKUNGAN PEMKAB BELITUNG

Tanjungpandan, Pasca liburan dan cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1430 H, terhitung sejak kamis (24/9) para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Indonesia khususnya di Lingkungan Pemkab Belitung kembali beraktifitas dan menjalankan tugasnya di Kantor/Dinas/Instansi/Satker masing-masing. Hari-hari pertama bekerja tak jarang diwarnai dengan kegiatan rutin yang dilakukan Jajaran Pemerintah kabupaten Belitung tepatnya pada hari kedua jum’at (25/9) mulai melakukan kegiatan sidak (inspeksi mendadak) ke Kantor/Dinas/Instansi Pemerintah Kabupaten Belitung untuk memantau kehadiran para PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung.

Kegiatan sidak dimulai pada pukul 09.00 WIB, diawali dengan mengunjungi Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertanian dan Kehutanan, Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kantor Camat Tanjungpandan, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup Daerah, Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat, Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Kantor Lurah Kota, Kantor Pendidikan Kabupaten Belitung, Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Rumah Sakit Umum.

Sidak ini dilakukan untuk memantau kehadiran para PNS dalam rangka meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan para PNS dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan dan pengayom masyarakat untuk mencapai peningkatan kinerja pegawai kearah yang lebih baik lagi, ungkap Wakil Bupati Sahani Saleh, S.Sos.

Disela-sela kegiatan sidak tepatnya di Kantor Camat Tanjungpandan, Wabup juga sempat mengajukan usul pengadaan pakaian safari khusus pada hari Jum’at misalnya pakaian adat belitung. Hal ini agar adanya keseragaman diantara para PNS.
"Mereka yang tidak masuk pada hari pertama dan  kedua, baik yang berstatus pimpinan maupun staf, tentunya akan dipelajari alasannya dan selanjutnya ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang ada, khususnya bagi para PNS yang tanpa keterangan tidak masuk kerja agar mendapat teguran lisan dan surat peringatan dari Satker  masing-masing jika masih saja membandel" Ungkap Sekda Kabupaten Belitung Ir.H.Mulgani.

Selanjutnya Asisten III Bidang Administrasi Drs.H.Jasagung Hariyadi,M.Si menugaskan kepada Satker yang belum melengkapi administrasi kehadiran agar dapat membuat laporan daftar hadir para pegawai dengan keterangan tembusan Bupati, khususnya para PNS yang tidak masuk tanpa keterangan. Hal ini semata-mata dilakukan untuk meningkatkan kesadaran kedisiplinan para pegawai untuk mematuhi aturan yang berlaku di lingkungan pemerintahan Kabupaten Belitung.

Pemeriksaan sidak ditandai dengan pemantauan absensi apel, absensi harian dan bulanan. Dari hasil sidak didapati beberapa pimpinan SKPD yang masih izin ataupun cuti tidak masuk kantor, diantaranya Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Ir.M.Ubaidillah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat B.Maiya Hasibuan,SH, dan Kakan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Yulia Mizawati, BA.

Disalah satu kantor juga sempat ditemui adanya kejanggalan karena tidak memiliki absensi apel dan absensi harian, hal ini sempat menjadi perhatian khusus para penyidak, mengingat pentingnya daftar hadir tersebut sebagai acuan untuk mengukur kedisiplinan para pegawai. Akan tetapi pantauan secara umum hasil sidak yang telah dilakukan tidak begitu mengecewakan, hal ini dapat terlihat dari masih banyaknya para PNS yang tetap hadir dan bekerja pada hari pertama dan kedua, dipastikan sekitar 80% PNS tetap masuk kantor dan bekerja seperti biasanya pasca liburan lebaran tahun 2009.

Kegiatan sidak yang dihari pula oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Drs.Arham Armuza, S.Ip, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Nuhadi, S.IPem, Kabag Humas Suharyanto, S.AP, Kabag Kepegawaian Achdian Asmaie,S.Pd, Kabag Umum Darma Bhakti,S.Sos dan Kakan Satpol PP Azhar, S.Ip juga diwarnai dengan ajang silaturahmi antar sesama, mengingat masih dalam nuansa lebaran, terlihat masing-masing PNS tampak saling berjabat tangan dan bermaaf-maafan antar sesama umat islam.***F-A

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung