Jum'at, 2 Oktober 2009 07:45

BUPATI HADIRI LOMBA BALITA SEJAHTERA INDONESIA

Tanjungpandan, Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung menggelar Lomba Balita Sejahtera Indonesia (LBSI) Tingkat Kecamatan yang berlangsung Selasa (29/9). Hal ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemandirian pada orang tua balita, yang berdampak pada pengembangan kesehatan balita dari segi fisik, mental dan sosial.

Dalam Lomba terbagi dalam 2 kelompok peserta menurut kriteria umur 6-24 Bulan dan 2 – 5 Tahun. Untuk kategori umur 6-24 Bulan, Widya Budiarti perwakilan posyandu melati II dari Kecamatan Tanjungpandan meraih Juara I, M.Hibban A perwakilan dari posyandu permata ibu I dari Kecamatan Sijuk sebagai Juara II dan Juara III diraih oleh Revil Aditya perwakilan posyandu fajar menyingsing Kecamatan Membalong sebagai Juara III.

Sedangkan untuk kreteria peserta dalam kelompok umur 2 – 5 Tahun diraih oleh Nabila Amila dari perwakilan posyandu flamboyan Kecamatan tanjungpandan sebagai Juara I, Juara II diraih Noval Dwi A perwakilan posyandu putri malu Kecamatan Membalong dan Juara III diraih Nabila Elsevira perwakilan dari posyandu tunas jaya Kecamatan Sijuk. Para pemenang lomba mendapatkan trofi dan bingkisan dari Bank sumsel. Selain itu dua posyandu, posyandu Flamboyan Kecamatan Tanjungpandan dan Posyandu Melati II Kecamatan Tanjungpandan terpilih sebagai posyandu terbaik yang nantinya akan mendapatkan pembinaan.

Lomba Balita Sejahtera Indonesia merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas anak Indonesia melalui upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita, sehinga anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usia menjadi anak cerdas dan kreatif.

Penilaian dilakukan oleh juri/tim penilai yang terdiri dari drg.Gisella, dr.Andi, Efriyani, A.Mk, Nur Asni Wahab, S.Ip, Meidiawati, A.Md, Isdiarti, kartini Suswita Sari, S.Psi, Lilis Suryani, SKM, Rosmaida Simamora, S.IP dan Desyanti, SE Setiap peserta lomba ini harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan panitia.

Adapun kriteria penilaian sesuai dengan petunjuk penilaian lomba balita sejahtera Indonesia, diantaranya Pertama tabel anak mencakup status, imunisasi, kesesuaian berat badan terhadap tinggi badan. Kedua tabel ibu, meliputi pendidikan, pekerjaan, umur, dan kontrasepsi yang dipakai. Ketiga, tabel ayah, meliputi pendidikan, umur, dan pekerjaan. Keempat, penilaian kesehatan gizi dan mulut, yang mencakup jumlah gigi, karies gigi, gingi uitis (peradangan gusi), flek, perawatan gigi, dan kebiasaan makan serta tes psikologis untuk balita sehat.

Dalam sambutannya Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein didampingi Ibu Titiek Yoesiati menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini, mengingat  bahwa anak adalah aset bangsa yang sangat berharga dalam menentukan kelangsungan hidup dan kejayaan suatau bangsa di masa yang akan datang. Anak haruslah dirawat dan dididik dengan baik dari usia dini, hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan asupan makanan yang bergizi, kesehatan yang optimal, pendidikan yang baik, pengembangan moral dan kondisi psikologis yang nyaman serta terciptanya kondisi lingkungan keluarga dan sosial yang mendukung bagi kelangsungan hidup dan tumbuh kembang serta perlindungan hak-haknya secara utuh, Ungkapnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung