Senin, 12 Oktober 2009 07:54

KEGIATAN ASISTENSI PERENCANAAN PEMBANGUNAN KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2009

Tanjungpandan, Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Penanaman Modal menggelar Kegiatan Asistensi Perencanaan Pembangunan Kabupaten Belitung tahun 2009 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah  Husein yang ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta asistensi.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari dimulai pada tanggal 7 Oktober s.d 9 Oktober 2009 yang diikuti para peserta dari SKPD masing-masing pemerintahan Kabupaten Belitung. Dalam kegiatan asistensi para peserta dibekali berbagai materi mengenai perencanaan pembangunan yang disampaikan narasumber Muhammad Nasser.
Materi yang disampaikan diantaranya mengenai sistem perencanaan pembangunan menyangkut reformasi perencanaan dan penganggaran, pengertian dan tujuan yang mengacu pada tujuan sistem perencanaan pembangunan, proses dan tahapan perencanaan, hubungan dokumen perencanaan dan anggaran, muatan dan mekanisme penyusunan rencana pembangunan daerah yang didalamnya juga melibatkan seluruh partisipasi masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati mengharapkan agar seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat memahami dan menyimak dengan seksama setiap hal yang dibahas, mengingat kegiatan ini merupakan proses sistematis dan berkelanjutan dari pembuatan keputusan yang mungkin sangat beresiko dengan memanfaatkan sebanyak-banyaknya pengetahuan antisipatif, ungkapnya.

Disamping itu, perencanaan stratejik merupakan awal untuk melakukan pengukuran kinerja yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program, sehingga mampu eksis pada situasi dan kondisi lingkungan global berikut dinamika perubahan kehidupan yang semakin cepat. Inilah pentingnya suatu perencanaan yang runtut, tahap demi tahap, sistematis, konsisten dan berkelanjutan, lanjut Bupati.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, Kepala Bappeda dan PM Ir.Hermanto, para peserta Asistensi yang berasal dari jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung serta para undangan lainnya.***Cha
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung