Rabu, 4 November 2009 04:07

BAPPEDA DAN PM GELAR KEGIATAN LOKAKARYA KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK)

Tanjungpandan, Rencana pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) tampaknya terus diperjuangkan. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan untuk mensosialisasikan dan memantapkan keberadaan KEK terus diupayakan. Salah satunya kegiatan Lokakarya yang digelar Pemkab Belitung melalui Bappeda dan PM pada tanggal 2-3 November 2009 bertempat di ruang pertemuan Biliton City Hotel Tanjungpandan.

Kegiatan ini di hadiri Direktur Kawasan dan Otorita Dirjen Bina PUM Departemen Dalam Negeri, Afriadi S Hasibuan, Gubernur Bangka Belitung Eko Maulana Ali, Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein, Kapolres Belitung, LIPI, Kasubdit Tata Ruang Bappenas, Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Babel, serta Kabid Sumber Daya dan Tata ruang Balitbang Industri Departemen Perindustrian RI sebagai narasumber pada kegiatan lokakarya ini.

Bupati Belitung pada kesempatan ini mengungkapkan bahwa rencana zonasi KEK terdiri dari zona pelabuhan dan fasilitas pendukung, zona jasa keuangan dan ekonomi lainnya, zona industri, zona green belt, zona pengolahan ekspor, zona logistik dan zona pergudangan dan peti kemas. Strategi pembangunan Kabupaten Belitung adalah dengan mengembangkan kawasan-kawasan potensial yang terdiri dari kawasan pengembangan wisata (kecamatan Sijuk), kawasan pengembangan perikanan dan kelautan (Selat nasik), Central Bussiness District (Tanjungpandan), kawasan pengembangan Pelabuhan Tanjung Batu dan Industri Suge (Badau) dan kawasan pengembangan pertanian (membalong), Ungkap Bupati.

Namun untuk mewujudkan hal ini masih perlu menunggu peraturan pemerintah (PP) sebagai turunan dari UU nomor 39 tahun 2009 tentang KEK, dalam hal ini disebutkan bahwa KEK adalah kawasan dengan batas-batas tertentu dalam wilayah hukum NKRI yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi-fungsi perekonomian yang bersifat khusus dan memperoleh fasilitas tertentu. Semoga hal ini dapat segera terealisasi dan bermanfaat bagi kemajuan pembangunan Daerah khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Turut hadir dalam kegiatan para pejabat daerah dan sejumlah Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung. Kegiatan ini ditutup pada Selasa (3/10).***Cha

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung