Minggu, 1 November 2009 04:20

SAIL INDONESIA SUKSES DI BELITUNG

Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali sukses menjadi destinasi rally kapal layar (yacht) Sail Indonesia 2009. Even pariwisata internasional yang dipusatkan di Pantai Tanjung Kelayang sejak Rabu (21/10) hingga Minggu (25/10) itu, berhasil menciptakan kesan positif para turis mancanegara peserta rally.

Kesan positif itu tercipta antara lain karena hangatnya sambutan pemerintah dan masyarakat daerah ini terhadap peserta rally. Selain planting coral seeds (penanaman terumbu karang), upacara selamatan laut Muang Jong, atraksi kesenian tradisional, festival layang-layang, city tour, dan dinner, panitia Sail Kabupaten Belitung juga menjamu peserta rally makan bedulang di rumah Adat Belitung di Tanjungpandan.

Dinner sendiri, yang berlangsung di Pantai Tanjung Kelayang Jumat malam (23/10), dihadiri pejabat kabupaten/kota destinasi Sail Indonesia 2009, yakni Bupati Wakatobi Hugua, Wakil Bupati Ende Achmad Mochdar, Asisten II Kota Kupang Ester Muhu, Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun, serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng Putu Tastra Wijaya.

Namun, dibanding tahun sebelumnya, peserta Sail Indonesia Kabupaten Belitung 2009 jauh menurun. Hingga dinner digelar, panitia mencatat peserta rally hanya 27 yachter. Padahal, tahun 2007 dan 2008, tercatat masing-masing 67 dan 65 yachter. Hingga Minggu (25/10) masih ada beberapa yacht yang merapat di Pantai Tanjung Kelayang, namun dinner resmi bersama Bupati Belitung H Darmansyah Husein sudah berlalu.

Ketua Yayasan Cinta Bahari Indonesia (YCBI) Raymon T. Lesmana selaku EO Sail Indonesia kepada pers di Kabupaten Belitung menjelaskan, penurunan ini disebabkan banyaknya peserta rally kehabisan visa karena terlalu lama diarahkan ke Sail Bunaken. “Padahal, mereka itu peserta Sail Indonesia,” ujarnya. Karenanya Raymon sangat mendukung Kesepakatan Belitung.

Kesepakatan yang dimaksudkan Raymon adalah hasil rembuk bupati dan walikota destinasi Sail Indonesia 2009 di Vila Lord In, Pantai Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Jumat sore (23/10), yang dihadiri Bupati Belitung H Darmansyah Husein, Bupati Wakatobi Hugua, Wakil Bupati Ende Achmad Mochdar, Asisten II Kota Kupang Ester Muhu, Kepala Dinas Pariwisata Maluku Tenggara Lucky R, serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Buleleng Putu Tastra Wijaya.

Rembuk yang berlangsung hingga magrib itu memutuskan memberi mandat kepada Bupati Belitung, Bupati Wakatobi, Bupati Maluku Tenggara, Bupati Ende, Wakilota Kupang dan Bupati Buleleng, untuk membentuk steering committee pelaksanaan seminar Sail Indonesia. Intinya, Sail Indonesia sebagai pelopor Sail harus diberdayakan untuk mendorong pengembangan pariwisata daerah. Penyelenggraan Sail juga harus memperkokoh, bukan malah memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa.

Seminar akan digelar di Jakarta bulan ini, dengan melibatkan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Apkasi sendiri diharapkan dapat menjadi apa yang disebut Bupati Wakatobi sebagai “perahu” Sail Indonesia. Adapun “nakhodanya”, bisa saja YCBI sendiri. ?
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung