Jum'at, 13 November 2009 08:04

BUPATI BUKA SOSIALISASI “ONE MAN ONE TREE”

Tanjungpandan, Dalam rangka Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia tanggal 28 November 2008 dan Bulan Menanam Pohon Nasional Desember di Cibinong, Bogor, pada hari Jum’at (13/11) Pemerintah Kabupaten Belitung bekerja sama dengan Departemen Kehutanan RI mengadakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pembangunan Kehutanan melalui Gerakan Menanam Satu Orang Satu Pohon (one man one tree) di Hotel Pondok Impian Tanjungpandan.

Dalam sambutannya Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein mengungkapkan bahwa pohon memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Pohon-pohon di hutan dapat mendaur ulang hujan dan membangun serta menjaga iklim mikro. Oleh karena itu, memandang besarnya manfaat pohon bagi kehidupan kita, tentunya sangan mendukung terlaksana kegiatan ini, bahkan secara pribadi sejak lama atau jauh sebelum gerakan ini dimulai, saya telah mengimlementasikannya dengan menanam pohon buah dan bunga di sekitar tempat tinggal, ungkap Bupati.

Kesadaran akan pentingnya pohon haruslah ditularkan kepada masyarakat secara luas, utamanya pada generasi muda agar kecintaan menanam dan memelihara pohon menjadi suatu kebiasaan yang positif sekaligus sebagai warisan budaya yang memiliki nilai guna yang tinggi dalam mewujudkan ”Indonesia Hijau”. Semoga kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja, Pemkab Belitung akan senantiasa berupaya untuk mendukung Gerakan ini, tentunya dengan partisipasi semua pihak terkait dan masyarakat luas, lanjut Bupati.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung Ir.Toni. HA. Batubara, SE.M.T, Kepala Pusat Informasi Kehutanan Ir. Masyhud, MM, Kepala Bidang Kerja sama dan Informasi Departemen Kehutanan Ir.Sugeng Marsudiyanto, MSC beserta rombongan, perwakilan Muspida, Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, para peserta Sosilaisasi yang terdiri dari Para camat, kepala desa, dan sejumlah elemen masyarakat, serta para undangan lainnya.

Acara pembukaan sosialisasi diakhiri dengan kegiatan penanaman bibit pohon yang telah disediakan panitia yang dilakukan oleh Bupati Belitung, Kadin Pertanian dan kehutanan, Kapusinfohut, serta perwakilan muspida di sekitar Halaman Hotel Pondok Impian. Tampak suasana hangat dan kebersamaan, disela-sela kegiatan menanam Bupati Belitung juga membagikan beberapa tips dan pengetahuan tentang cara-cara penanaman pohon yang baik agar pohon-pohon yang ditanam dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. ”Mudah-mudahan pohon yang saya tanam ini cepat tumbuh besar, ungkap Bupati yang disambut gelak tawa para hadirin.

Mari Kita dukung dan sukseskan Gerakan menanam pohon ini untuk mewujudkan lingkungan hijau yang sehat dan asri.***Cha

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung