Rabu, 11 November 2009 08:08

PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2009

Tanjungpandan, ”Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, memang patut dikenang, karena pada pertempuran tersebut segenap komponen bangsa bersatu padu melawan penjajahan kolonial Belanda yang ingin menancapkan kembali kekuasannya di Indonesia.Tantangan dan permasalahan bangsa yang dihadapi saat ini tidaklah ringan dan menjadi tanggung jawab bersama untuk mengatasinya, seperti masalah bencana alam gempa bumi yang baru-baru ini terjadi dan juga masalah lainnya seperti: masalah kemiskinan, pengangguran, pendidikan, kesehatan, konflik/tawuran antar warga, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya. Melalui momentum peringatan Hari  Pahlawan Tahun 2009 yang mengambil tema :”Dengan Semangat dan Nilai-niai Kepahlawanan, Kita Perkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia”, marilah kita bersama-sama bahu-membahu merapatkan barisan memberikan sumbangsih yang terbaik bagi bumi pertiwi yang kita cintai ini. Bagi para pelajar/mahasiswa sbagai generasi muda penerus bangsa, belajarlah dengan tekun agar kedepan dapat melahirkan ide-ide kreatif dan cemerlang yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara. Hal itu tentunya menjadi cambuk bagi kita untuk lebih giat lagi menguasai ilmu dan teknologi. Bagi para birokrat berilah pelayanan terbaik, cepat dan mudah bagi masyarakat serta tidak melakukan perbuatan yang mengarah pada tindakan-tindakan yang dapat merugikan kepentingan bangsa dan negara, ungkap Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein saat membacakan amanat Mentri Sosial RI DR.Salim Segaf Al Jufri pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan Selasa (10/11) di Gedung Nasional Tanjungpandan.

Upacara dihadiri pula oleh para muspida, sejumlah pejabat daerah dan para peserta upacara yang terdiri dari jajaran Kodim 0414 Belitung, Lanud Tanjung pandan, Polres Belitung Pol PP, Kesbanglinmas, Satpam, para PNS dan pelajar. Upacara berlangsung pukul 08.00 WIB, bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Belitung.

Pelaksanaan puncak upacara ditandai dengan pengibaran bendera merah putih oleh purna paskibraka Kabupaten Belitung, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila oleh Bupati Belitung selaku Inspektur upacara, dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan naskah pahlawan dan diakhiri dengan pembacaan doa.

Sebelumnya pada Senin (9/11) malam pukul 24.00 WIB berlangsung renungan suci di Makam pahlawan Ksatria Tumbang Ganting Desa perawas. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut peringatan hari pahlawan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului kita.

Sesuai pelaksanaan upacara berlangsung kegiatan tabur bunga yang terbagi dalam dua sesi yakni sesi pertama berlangsung di Pelabuhan perikanan tanjungpandan. Tampak hadir dalam acara ini Bupati Belitung, Dandim 0414, Kapolres Belitung selaku inspektur upacara tabur bunga, sejumlah pejabat daerah dan para peserta upacara. Sedangkan berbeda di Makan pahlawan dihadiri Wakil Bupati Belitung, Danlanud, sejumlah pejabat dan peserta melakukan acara tabur bunga di makam pahlawan.

Sebagai penutup acara berlangsung Acara ramah tamah di Gedung serba guna Pemkab Belitung. Semoga melalui peringatan Hari pahlawan pada kesempatan ini dapat meningkatkan semangat patriotisme dan nasionalisme kita untuk senantiasa mengenang dan menghargai jas-jasa para pahlawan nasional.***Cha
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung