Rabu, 25 November 2009 03:29

PAMERAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN NASIONAL RI

Tanjungpandan, Dalam rangka Hari Kunjungan Perpustakaan dan menyambut peringatan Hari Pahlawan Tahun 2009 Pemkab Belitung melalui Kantor Kearsipan dan Perpustakaan menggelar Pameran Perpustakaan Nasional RI yang bertempat di Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belitung.

Pada Senin (23/11) pukul 09.00 WIB, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Setda Kabupaten Belitung Drs.H.Jasagung Hariyadi, M.Si. Pameran ini rencananya akan digelar selama 3 hari dari tanggal 23 s.d 25 November 2009 mulai pukul 09.00 WIB s.d 16.00 WIB.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan pameran, Kabid Layanan Koleksi Umum Perpustakaan Nasional RI, Lili Sumarni mengungkapkan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007, disebutkan bahwa perpustakaan nasional memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai perpustakaan pembina seluruh jenis perpustakaan, sebagai perpustakaan deposit, sebagai perpustakaan pelestarian, sebagai perpustakaan penelitian serta perpustakaan pusat jejaring, ungkap Lili.

Pada masa yang akan datang, sistem online akan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Hingga tahun 2015 paling tidak seluruh provinsi dan daerah sudah bisa terhubung dengan perpustakaan nasional, lanjut Lili.

Selain stand perputakaan nasional, pameran ini juga diramaikan dengan stand-stand dari sekolah-sekolah tingkat SD, SMA, umum, toko buku, penerbit dan operator selular. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak didik dan kalangan pelajar serta mendukung pelestariaan budaya daerah dan terwujudnya pembelajaran masyarakat sepanjang hayat, ungkap Kepala kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belitung A.Rivai DH , SH dalam sambutannya.

Sedangkan Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein dalam sambutannya yang diwakili Asisten III mengatakan buku adalah jendela dunia, sehingga membaca buku sama dengan membuka cakrawala. Buku memiliki peranan penting dalam perkembangan dunia, karena tidak ada buku yang dicetak tidak memberikan manfaat bagi yang membaca. Oleh karenanya kepada kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belitung saya himbau agar mobil perpustakaan keliling yang ada saat ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menjangkau daerah-daerah yang jauh dan terpencil agar masyarakat tidak ketinggalan informasi.

Kegiatan pembukaan pameran ini dihadiri pula oleh sejumlah pejabat Pemkab Belitung, yang diakhiri dengan kegiatan peninjauan ke stand-stand pameran.***C-H
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung