Senin, 16 November 2009 03:30

DEKLARASI DESA BEBAS BAB SEMBARANGAN

Tanjungpandan, Bertempat di Desa Gunung Riting Membalong Pemerintah Kabupaten Belitung Melalui Dinas Kesehatan menggelar Acara Deklarasi Desa Bebas BAB Sembarangan/Open Defecation Free (ODF) dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-45 Tahun 2009 dengan tema ”Lingkungan Sehat Rakyat Sehat” berdasarkan SK dari Menteri Kesehatan RI Nomor : 944/Menkes/SK/X/2009.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Dr.Wiryati Husin mengungkapkan bahwa dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-45 Pemerintah Kabupaten Belitung membentuk panitian HKN berdasarkan SK Bupati Nomor: 188.45/270/KEP/DINKES/2009 tanggal 16 Oktober 2009 untuk menyelenggarakan Kegiatan deklarasi ini dengan harapan agar seluruh masyarakat desa Gunung Riting tidak membuang kotoran tidak pada tempatnya atau sembaranagn sekaligus sebagai tonggak awal dimulainya gerakan Belitung menjadi Kabupaten yang bebas prilaku BAB sembarangan. Harapan lebih jauhnya agar masyarakat di desa yang lain segera mengikuti kebiasaan untuk tidak BAB sembarangan, katanya.

Lebih lanjut Pidato dari Menteri Kesehatan RI Dr.Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, DR.PH yang dibacakan oleh Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos mengungkapkan bahwa dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan masyarakat, program Departemen Kesehatan RI sesuai dengan National Summit bidang Kesejahteraan Rakyat, meliputi: Peningkatan pembiayaan kesehatan untuk memberikan jaminan kesehatan masyarakat, peningkatan kesehatan masyarakat untuk mempercepat pencapaian target MDG’s, Pengendalian penyakit dan penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana, Meningkatkan ketersediaan, pemerataan dan kualitas tenaga kesehatan terutama di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK) berkesinambungan.
Upaya-upaya untuk meningkatkan lingkungan sehat sangat berperan dalam mencapai peningkatan kesehatan ibu dan anak serta pendayagunaan tenaga kesehatan.

Masalah lingkungan masih merupakan tantangan yang cukup besar di bidang kesehatan, riskesda 2007 memperlihatkan bahwa rumah tangga yang tidak menggunakan fasilitas buang air besar sebesar 24,8 % dan yang tidak memiliki saluran pembuangan air sebesar 32,5 %. Oleh karenanya dalam momentum peringatan HKN ke-45 tahun 2009 ini kita harus berupaya secara terus menerus melakukan peningkatan dan perbaikan dalam meningkatkan lingkungan sehat, seperti yang sudah ditargetkan dalam program 100 hari bidang kesehatan, ungkap Wabub.
 
Saya menegaskan kembali pesan-pesan penting bagi kita semua untuk meningkatkan derajat kesehatan lingkungan yang berdampak pada peningkatan kualitas bangsa. Saya menekankan tiga pilar yang saling bersinergi yaitu lingkungan sehat merupakan cermin perilaku sehat, lingkungan baik fisik maupun non fisik sangat penting untuk menciptakan rakyat bertambah sehat serta seluruh jajaran kesehatan harus mampu mendorong masyarakat untuk terus-menerus meningkatkan komitmennya. Marilah kita wujudkan lingkungan sehat, rakyat sehat, menuju bangsa yang sehat dan bermartabat melalui semangat ”Bersama Kita Sehat”, lanjut Wabub mengakhiri sambutannya.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh sejumlah pejabat daerah, jajaran pemerintah kabupaten Belitung, masyarakat setempat beserta para undangan lainnya.***Cha
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung