Jum'at, 11 Desember 2009 08:33

GIATKAN GERAKAN MENANAM POHON

Tanjungpandan, Pemkab Belitung tidak henti-hentinya berupaya menggiatkan Gerakan menanam pohon atau yang lebih dikenal dengan istilah ”One Man One Tree”. Upaya ini dilakukan melalui kegiatan Sosilaisasi dan penyuluhan melalui Dinas Kehutanan dan Pertanian Kabupaten Belitung.

Pelaksanaan puncak penanaman satu orang satu pohon berlangsung pada Kamis (10/12) di Desa Kelakak Usang, Perawas yang dihadiri oleh Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein, Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, Kadin Kehutanan dan Kelautan Toni Batubara, perwakilan DPRD Kab Belitung, Para muspida, Segenap Jajaran Pemerintah Kab Belitung, para kelompok tani, perwakilan ormas, organisasi pemuda, swasta, instansi pendidikan serta para undangan lainnya.
   
Gaung One man one tree sampai hari ini terus diperdengarkan, hal ini bukanlah hanya sekedar wacana namun hendaknya harus dikonkretkan dalam tindakan nyata. ”mari bersama-sama kita wujudkan tindakan nyata, menanam pohon untuk Belitung yang lebih hijau, sehat, teduh dan bersih beberapa waktu mendatang. Jangan hanya ”irau madu irau kumbang”, mulailah dari diri sendiri, mulai dari sekarang dan mulai dari unit kecil di lingkungan kita, mari tanam dan peliharalah pohon hingga dapat bernilai guna bagi kehidupan, hal ini merupakan langkah penting penyelamatan lingkungan di masa datang. Program ini harus dilanjutkan pada tahun 2010, menanam hanyalah bagian dari langkah awal, akan tetapi yang terpenting adalah perawatan dan pemeliharaan bibit pohon tersebut agar dapat tumbuh dengan baik, ungkap Bupati dalam sambutannya.

Sedangkan Toni batu bara dalam laporannya mengungkapkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan dan mengurangi pemanasan global dan untuk mencapai pembanguna Indonesia yang bersih. Penanaman dalam kesempatan ini dilakukan di daerah bukit permai Desa Kelakak Usang, Perawas dengan laus lahan 5 ha, wilayah perkebunan kelompok tani setia kawan. Adapun bibit-bibit yang ditanam diantaranya sangon, nyato, gaharu dan ekaletus, kata Toni.

Disela-sela acara berlangsung pula penyerahan bibibt dan hewan ternak berupa sapai kepada perwakilan kelompok tani Desa Perawas, Desa Air Merbau, Desa Selumar dan Desa Terong.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung