Senin, 4 Januari 2010 05:16

WABUP: MUTASI PALING LAMBAT 15 JANUARI

Tanjungpandan, Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos meminta semua pihak untuk tidak irau degau (hiruk pikuk) menyikapi isu mutasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) sudah menyampaikan nama-nama kepada Bupati dan Wakil Bupati, mutasi akan dilaksanakan paling lambat pada tanggal 15 Januari 2010.

Memberikan arahan pada apel pertama minggu pertama bulan pertama tahun 2010 di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Belitung, Senin (4/1), wabup mengatakan, meskipun Baperjakat sudah menyampaikan nama-nama berdasarkan analisis jabatan, kepangkatan dan kinerja, Bupati dan Wakil Bupati mempunyai hak prerogatif untuk menentukan siapa yang akan mengisi pos-pos jabatan yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung.

Namun demikian, hak prerogatif dimaksud tidak berorientasi otoriter apalagi kolusi dan nepotisme, melainkan berorientasi pada loyalitas dan pencapaian Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati yang disampaikan pada saat pencalonan kepala dearah. Visi dan Misi ini, tegas Wabup, merupakan amanah masyarakat yang harus diwujudkan dengan sebaik-baiknya oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Untuk mewujudkan visi dan misi itulah Bupati dan Wakil Bupati harus mengisi pos-pos jabatan struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung dengan pejabat yang loyal, profesional dan memiliki kinerja yang baik, yang tercermin dari pelaksanaan tugas pada tahun pertama kepemimpinan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2009-2014.

Oleh karena itu, Bupati dan Wakil Bupati akan menilai kinerja pejabat yang nantinya dilantik selama 101 kerja. “Bila selama seratus satu hari kerja kinerjanya baik, akan dipertahankan. Namun, bila dalam waktu seratus hari kerja ternyata kinerja buruk, akan dimutasi. Mutasi bukan dalam arti alih tugas dan jabatan, tapi tidak diberi jabatan atau dibangkupanjangkan,” tegas wabup.

Apel Senin pertama minggu pertama bulan pertama tahun kedua kepemimpinan pasangan Bupati Ir H Darmansyah Husein dan Wakil Bupati Sahani Saleh, S.Sos di lingkungan Setda Kabupaen Belitung diikuti oleh Sekretaris Daerah Ir H Mulgani, para staf ahli dan asisten, kepala kantor, kepala bagian, kepala subbagian dan staf. Kantor Satuan Polisi Pamong Praja yang biasanya melaksanakan apel sendiri, kali ini bergabung dengan Setda sebagaimana Kantor Diklat.

Dari laporan yang disampaikan masing-masing kepala kantor dan kepala bagian kepada wabup selaku pembina apel terungkap, 95 persen pejabat dan pegawai di lingkungan Setda Kabupaten Belitung mengikuti apel Senin pertama tahun 2010. Lima persen lainnya tidak dapat mengikuti apel karena sakit, izin, cuti, dan dinas luar.

Diawal arahannya wabup mengajak seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung untuk mengevaluasi pelaksanaan tugas selama tahun anggaran 2009. “Apa-apa yang sudah baik harus terus kita tingkatkan, apa-apa yang belum baik harus kita perbaiki. Kinerja tahun 2010 harus lebih baik dari kinerja tahun 2009,” ujar wabup. (syafei)



Sumber: Humas Setda Kab. Belitung