Selasa, 22 Desember 2009 01:45

BUPATI HADIRI PERINGATAN HARI IBU

Tanjungpandan, Selasa (22/12) merupakan hari yang bersejarah bagi kaum perempuan, tanggal 22 Desember merupakan puncak peringatan hari ibu yang rutin kita peringati setiap tahunnya. Tahun ini kembali Pemkab Belitung menggelar peringatan hari ibu yang Ke-81 bertempat di Gedung Serba Guna Tanjungpandan yang dihadiri langsung oleh Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein, Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, perwakilan DPRD, para muspida, Jajaran Pemkab Belitung, anggota organisasi perempuan beserta para undangan lainnya.

Peringatan hari Ibu tahun 2009 ini mengusung tema ” Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki dalam Pembangunan Nasional”, atau bisa disebut dengan ”kesetaraan gender”. Dalam sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari, S.Ip yang di bacakan oleh Bupati di jelaskan bahwa Peringatan Hari Ibu Ke-81 ini, merupakan salah satu upaya untuk mengenang dan menghargai para perempuan yang telah berpartisipasi  dalam melaksanakan kongres perempuan Indonesia I pada tanggal 22 Desember 1928 di Jogyakarta, kemudian mereka ikut berjuang mencapai Indonesia merdeka dan mempertahankannya, serta mengisi kemerdekaan ini melalui peran serta dalam pembangunan nasional. Sehingga terlihat jelas, bahwa kaum perempuan bukan hanya pelengkap dalam memperjuangkan negeri ini, tetapi perempuan menjadi bagian utama seperti kaum laki-laki di dalam memajukan kehidupan bangsa di negeri ini dan turut berkiprah di berbagai bidang antara lain; pendidikan, politik, ekonomi, hukum, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan, ungkap Bupati.
Di akhir sambutannya, Bupati mengajak kita semua untuk merapatkan barisan dan menyatukan tekad dan semangat kita bersama, guna menghapuskan segala bentuk diskriminasi berdasarkan gender dan menghapuskan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan bersama dengan kaum laki-laki dalam seluruh elemen masyarakat lainnya sesuai dengan ketiga tujuan Pembangunan Millenium (MDG). Tanpa adanya kerjasama dan komitmen yang kuat tidak mungkin kita dapat mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Indonesia yang demokratis, adil dan damai, tegasnya.

Kegiatan ini berlangsung meriah, para undangan yang terdiri dari para perempuan tampak anggun dan cantik mengenakan kebaya. Di sela-sela acara berlangsung pembagian hadiah lomba dan pemotongan tumpeng oleh ibu Wakil Bupati Belitung, Asmara Sahani Saleh yang di berikan kepada salah satu pejuang perempuan Belitung dan dilanjutkan dengan acar hiburan. Tidak ketinggalan Bupati dan panitia pelaksana turut menyumbangkan suaranya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung