Jum'at, 8 Januari 2010 01:57

PENYERAHAN DIPA TAHUN ANGGARAN 2010

Tanjungpandan, Memasuki Tahun anggaran 2010 berlangsung Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kepada Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Lingkup Pembayaran Kantor pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan.

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (7/1) di Gedung Serba Guna Tanjungpandan menandai dimulainya realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2010, baik di tingkat pusat maupun daerah sekaligus untuk melaksanakan Amanat Undang-Undang No.47 tahun 2009 tentang APBN Tahun 2010.

Dalam sambutannya, Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein yang dalam kesempatan ini berhalangan hadir dan diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Drs.H.Jasagung Hariyadi, M.Si mengungkapkan bahwa pemulihan perekonomian nasional dan pemeliharaan kesejahteraan rakyat  diprioritaskan pada:
1.    Pemeliharaan kesejahteraan rakyat, serta penataan kelembagaan dan pelaksanaan sistem perlindungan sosial.
2.    Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia.
3.    Pemantapan reformasi birokrasi dan hukum, serta pemantapan demokrasi dan keamanan nasional.
4.    Pemulihan ekonomi yang didukung oleh pembangunan pertanian, infrastruktur, dan energi.
5.    Peningkatan kualitas pengelolaan Sumber Daya Alam dan kapasitas penanganan perubahan iklim.

Pada kesempatan ini Beliau juga menyampaikan himbauan Bapak Presiden antara lain:
1.    Agar semua pihak dapat merubah pola pengeluaran anggaran supaya tidak menumpuk di akhir tahun. Pengeluaran anggaran agar bisa lebih proporsional pada setiap triwulan. Dengan demikian peran APBN/APBD dalam memberikan stimulus bagi perekonomian dapat berjalan secara proporsional sepanjang tahun anggaran.
2.    Perlunya peningkatan kualitas laporan keuangan daerah sehingga memperoleh opini  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
3.     Agar pelaksanaan APBN tahun 2010 dapat dilaksanakan sesuai dengan peruntukannya sebagaimana tertuang dalam DIPA, dan menghindari perbuatan yang tidak terpuji seperti penyelewengan dan pemborosan anggaran.
4.    Segera melaksanakan DIPA pada awal tahun anggaran dikarenakan dananya telah tersedia sehingga realisasi APBN tidak menumpuk di akhir tahun Anggaran.
5.    Proses pengadaan barang dan jasa agar dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku yaitu Perpres No.8 Tahun 2006 tentang Perubahan keempat atas Keppres 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, jelasNya.

Penyerahan DIPA yang pada tahun ini mengusung tema Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2010, yaitu: ”Pemulihan Perekonomian Nasional dan Pemeliharaan Kesejahteraan Rakyat” dihadiri Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, Perwakilan DPRD, Satker/Instansi terkait lainnya di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung