Senin, 18 Januari 2010 03:55

BUPATI LANTIK 281 PNS DI LINGKUNGAN PEMKAB BELITUNG

Tanjungpandan, Suasana berbeda tampak terasa di Gedung Serba Guna Tanjungpandan, Para PNS tampak hadir memenuhi undangan yang di sampaikan Bagian Kepegawaian untuk mengikuti prosesi Pelantikan dan serah terima Jabatan Pejabat Struktural Eselon II.b, III, IV serta Penyerahan SK Sekretaris Desa di Lingkungan Pemkab Belitung yang berlangsung pada Jum’at (15/1).

Dalam kesempatan ini Bupati mengambil sumpah sebanyak 281 PNS di Lingkungan Pemkab Belitung yang terdiri dari 20 PNS eselon II, 77 PNS eselon III dan 184 PNS eselon IV berdasarkan Surat Keputusan Nomor;821/005/KEP/IX/2010, 821/006/KEP/IX/2010 dan 821/007/KEP/IX/2010 tertanggal 4 Januari 2010.

Bersamaan dengan mutasi ini dilangsungkan pula peresmian perubahan kelembagaan Pemkab Belitung dan berdirinya beberapa organisasi perangkat daerah yang baru yang berubah nama diantaranya, Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Badan Lingkungan Hidup, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal serta Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Perempuan & KB.

Adapun beberapa pejabat yang dilantik diantaranya  Dra. Hotmaria Ida yang dilantik Menjadi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Perempuan & KB yang dulunya menduduki jabatan staf ahli Bidang Pemerintahan yang kini dijabat Helman, SH yang dulunya menjabat Kepala Bapedalda. Sedangkan Syarifuddin, SH yang dulunya menjabat Staf Ahli Bidang administrasi kini menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah.

Untuk posisi Staf Ahli Bidang administrasi kini dijabat Drs. Arham Armuza, S.IP yang semula sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan dan saat kini dijabat B.Maiya Hasibuan, SH yang dulunya menjabat Kepala Kesbangpol & Linmas. Suharyanto, S.AP yang semula sebagai Kabag Humas Setda kini menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menggantikan Hendro Gupito, SH yang menempati posisi sebagai Kepala Badan Kesbangpol & Linmas. Untuk posisi Kabag Humas sendiri di jabat Edy Suprapto, SH yang semula menjabat Kasubbag Tata Hukum dan Organisasi Setda.

Posisi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan kini dijabat Karyadi Sahminan, SE, M.AP yang sebelumnya menjabat Kadin Pendidikan dan kini dijabat Drs. Rafeli yang sebelumnya menjabat Kabid Program Sarana dan Prasarana Sekolah Dindik. Nuhadi, S.IPem yang sebula menjabat Asisten II kini menjadi Kepala Inspektorat. Sedangkan untuk Kadin Kebudayaan dan Pariwisata kini dijabat Drg.Hj Dian Farida yang bertukar posisi dengan Sumardi, S.Pd yang kini menjabat Kadin Sosnakertrans. Kantor Diklat yang semula dijabat Mirang Uganda, SH yang mendapat jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kini dijabat Susilawati, SE yang semula menjabat Kakan Pemberdayaan Perempuan dan KB, Kadin Pertanian dan Kehutanan kini dijabat Ir. Arpani menggantikan Ir. Toni Batubara, SE, M.Si yang kini menjabat Kadin Kelautan dan Perikanan menggantikan Ir. Marwan Syaukani, M.Sc yang kembali bertugas di Jakarta.

Sedangkan untuk Posisi camat hanya Camat Sijuk dan Membalong yang berubah, Camat Sijuk dijabat M. Anas Nasito, SH yang semula dijabat Ramansyah yang kini menjabat Sekretaris Dinas Kebersihan Pasar dan Pertamanan. Camat Membalong dijabat Adnizar, SH, menggantikan Nurman Sunanda yang menjabat Kabag Perekonomian Setda. Perubahan kelembagaan dalam Lingkungan Pemkab Belitung membuat sebagian pejabat ikut dilantik, seperti halnya Kadin Perindagkop dan Bappeda yang masih tetap hanya saja mengalami perubahan kelembagaan.

Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein dalam sambutannya menegaskan bahwa tidak ada makelar jabatan dalam proses mutasi pegawai. Keputusan yang dibuat melalui rangkaian Rapat Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat) dan rangkaian Baperjakat plus Bupati dan Wakil Bupati yang serta dibahas secara bertingkat.

Pejabat yang mendapat jabatan baru, hal ini merupakan tantangan baru. Karena itu Bupati meminta agar dapat menunjukkan kinerjanya dalam satu bulan ini. Jabatan adalah amanah yang harus dijalankan sebagai cerminan seorang PNS yang patuh pada sumpahnya dimanapun ia ditempatkan, ungkap Bupati.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Andi Saparudin Lanna, SH, Unsur Muspida, Sekda Kabupaten Belitung beserta Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung serta undangan lainnya. Acara ini diakhiri dengan pemberiaan ucapan selamat oleh Bupati dan undangan lainnya. Sumber: Humas Setda Kab. Belitung