Jum'at, 5 Februari 2010 02:31

WABUP TINJAU PASAR TANJUNGPANDAN

Tanjungpandan, Dalam rangka meraih kembali piala Adipura yang pernah diraih Kabupaten Belitung beberapa waktu lalu, Pemkab Belitung terus berupaya melakukan pembenahan disegala sektor yang nantinya akan menjadi sorotan tim penilai Adipura, khususnya kawasan Pasar Tanjungpandan yang sempat mendapat penilaian paling rendah. Tinjuan ini difokuskan pada pedagang sayur dan bumbu.

Sebagai langkah antisipasi agar segala kendala yang terjadi di waktu lalu tidak terulang, maka pada Selasa (2/2) Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S Sos beserta segenap Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung melakukan peninjauan ke lokasi pasar Tanjungpandan sekaligus menggelar kegiatan dialog dengan para pedagang sayur dan bumbu. Hal ini sebagai upaya untuk menjalin kesepakatan dan membentuk kerjasama yang baik antara pihak pemerintah dan para pedagang agar pasar dapat tertata dengan baik dan rapi demi kenyamanan bersama.

Disela-sela tinjauan Wabup juga menyempatkan diri untuk berdialog dan mencari solusi seraya memeriksa tenda-tenda tambahan yang dipasang para pedagang yang diindikasikan dapat merusak pemandangan disekitar pasar. Tenda-tenda ini cukup rapi, untuk sementara tidak apa-apa, tapi ke depan harus tetap di bongkar, ”ujar Wabup. Selain itu Wabup juga menyoroti gorong-gorong yang terletak di depan kawasan petak pedagang bumbu yang ditutup menggunakan papan sehingga menyebabkan kemampetan.

Dalam dialog yang dihadiri pula oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Maiya B Hasibuan, SH, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Karyadi Sahminan, SE, M AP, Camat Tanjungpandan Aidin Dahri, Komandan Satpol PP Azhar, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Syarifuddin, SH, Kadin Kebersihan, Pasar dan Pertamanan Kabupaten Belitung Drs.Harry Taruna, Ketua Forum Pedagang sayur dan bumbu, Jemai, serta sejumlah pedagang sayur dan bumbu.

Adapun pokok-pokok persoalan yang menjadi sorotan diantaranya, masalah lapak yang kosong, lahan parkir, pasar bumbu yang tidak memiliki toilet, gorong-gorong yang tersumbat, banyaknya tenda tambahan di pasar, hingga sulitnya mendapatkan sambungan listrik PLN.

Menanggapi persoalan gorong-gorong yang banyak tersumbat, Wabup mengatakan bahwa Pemkab akan berupaya mengatasi persoalan gorong-gorong tersebut dengan membentuk tim gotong royong, mohon partisipasinya, ungkap Wabup.

Sementara Harry Taruna mengungkapkan pihaknya akan menindaklanjuti berbagai permasalahan yang terjadi diantaranya dengan melakukan penataan kembali lahan parkir yang ada, mencari solusi terbaik untuk mengatasi persoalan tenda, mendata ulang pedagang yang memperoleh sewa lapak di pasar Tanjungpandan, mengupayakan pembangunan toilet di pasar bumbu dan sayur, hingga persoalan energi listrik yang akan ditindaklanjuti dengan mencari jalan keluar yang terbaik.***Fra

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung