Jum'at, 12 Februari 2010 09:46

DIRJEN PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA KUNJUNGI BELITUNG

Tanjungpandan, Dalam rangka kunjungan kerja sekaligus peninjauan lokasi wisata di Kabupaten Belitung, pada Kamis (11/2), Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Wisata Ir.Firmansyah Rahim beserta rombongan bertolak ke Belitung.

Kedatangan rombongan disambut antusias oleh Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein, Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos beserta segenap Jajaran Pemerintah Kebupaten Belitung yang sejak pagi tampak hadir menunggu kedatangan rombongan di Bandara Hanandjoedin.

Memasuki kawasan bandara rombongan yang tiba pukul 07.30 WIB langsung disuguhi tarian selamat datang sebagai simbol penyambutan kedatangan para tamu yang baru tiba di Kabupaten Belitung. Suasana semakin hangat ketika rombongan menuju ruang VIP untuk menikmati hidangan mie rebus belitong yang merupakan makanan khas pulau Belitong sambil berbincang.

Perjalanan dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi wisata, diantaranya Pantai Tanjungkelayang, Tanjungtinggi, Pulau Lengkuas, Pulau burung dan sekitarnya, yang dilanjutkan dengan acara makan malam bersama dan prestasi Bupati dan investor Group Dharmawangsa.

Dalam presentasinya Bupati memaparkan profil Belitung secara keseluruhan dihadapan Dirjen dan rombongan serta para undangan lainnya yang terdiri dari para muspida, Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, perwakilan PT.Aero wisata, Group Dharmawangsa, Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung serta segenap undangan yang hadir utamanya menyangkut kawasan destinasi pariwisata yang menjadi fokus utama dan visi dalam beberapa tahun ke depan untuk dikembangkan. Target 2018 diharapkan Belitung dapat menjadi tujuan destinasi wisata andalan yang berbasis alam, pantai dan seni budaya sebagai aset wisata daerah. Bupati berharap agar ada semacam angin segar sebagai tindak lanjut dari kunjungan ini, seperti halnya dikeluarnya Kepres agar Belitung dapat ditetapkan sebagai destinasi wisata internasional, ungkap Bupati.

Sementara Firmansyah dalam sambutan dan arahannya mengungkapkan Belitung patut bersyukur dan berbangga dengan modal keindahan potensi alam yang dimiliki. Namun pengembangan pariwisata di Kabupaten Belitung harus memperhatikan lingkungan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dengan konsep eco wisata (ramah lingkungan) dan jangan sampai disia-siakan, yang terpenting kita harus bisa bekerja bersama-sama diantaranya dalam lintas sektor daerah dan dalam hal ini masyarakat juga harus berperan, misalnya dalam hal menerima kehadiran wisatawan yang harus dilakukan dengan tepat dan semestinya, seperti halnya budaya senyum dan sikap ramah sebagai upaya peningkatan pelayanan prima. Dalam lintas global pihak kami akan berusaha untuk membantu dan mengupayakan seoptimal mungkin apa-apa yang diperlukan bagi kelancaran pengembangan pariwisata di Kabupaten Belitung, ungkap Dirjen.

Selanjutnya Dirjen Pengembangan Pariwisata Depbudpar Firmansyah Rahim menyatakan, destinasi pariwisata di Indonesia sudah siap untuk menerima kunjungan tujuh juta wisatawan mancanegara pada 2010. Untuk mendorong pengembangan destinasi pariwisata melalui Sapta Pesona yang memuat butir-butir konsep indah, aman, tertib, nyaman, bersih, ramah tamah, dan kenangan. Destinasi pariwisata memuat empat hal yang saling terkait dan saling melengkapi yakni dalam hal daya tarik, fasilitas, aksesibilitas, dan masyarakat. ”pusat dan daerah harus bekerja bersama-sama untuk membangun pariwisata, kata Firmansyah.

Dalam kunjungan ini diperoleh kesepakatan penetapan PNPM pariwisata melalui 4 desa wisata di Kabupaten Belitung. Acara diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung