Selasa, 23 Februari 2010 13:26

PANITIA NASIONAL SAIL INDONESIA GELAR RAPAT FINALISASI

Jakarta, Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein bersama dengan para Kepala Daerah yang menjadi destinasi Sail Indonesia menggelar Rapat Finalisasi Sail Indonesia, bertempat di Hotel Batavia Marina, Ancol Jakarta pada Selasa, tanggal 23 Februari 2010. Rapat finalisasi ini digelar sebagai tindak lanjut dari Rapat Kedua Streering Commitee yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2009 di Wakatobi. Hasil dari kesepakatan tersebut adalah terbentuknya Panitia Nasional Sail Indonesia (PNSI) yang mana Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein terpilih menjadi Ketua PNSI periode 2010-2013. Sementara Sekretaris PNSI dijabat Bupati Wakatobi Ir. Hugua dan Bendahara dijabat Bupati Maluku Tenggara Ir.Anderias Rentanubun.

Berpijak pada acuan dasar dan tindak lanjut kedua pertemuan tersebut, maka dipandang penting untuk terus melaksanakan Sail Indonesia di beberapa titik destinasi. Mengingat besarnya manfaat penyelenggaraan Sail Indonesia, utamanya dalam peningkatan sektor ekonomi kemasyarakatan, promosi daerah, motivasi kebaharian sampai pada implementasi regulasi. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung dalam setiap pertemuan yakni, “otonomi daerah dalam mengantisipasi potensi kebaharian, implementasi acara sail indonesia serta menyatukan langkah menuju wisata bahari indonesia bagai dunia”. Pijakan dasar inilah yang memantapkan langkah PNSI untuk mencapai tujuan dan kesepakatan bersama sebagaiman yang telah ditetapkan pada pertemuan PNSI di Wakatobi yang lalu.
Hadir dalam rapat finalisasi ini antara lain, Wabup Wakatobi, Ediarto Rusmin, Walikota Baubau, MZ.Amirul tamim ,Walikota Tarakan H.Udin Hianggio, Wabup Rotenda Drs.Marthen.L.Saek, Wabup Malinau Drs.Muhammad Nasir dan 10 org Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dari beberapa Kabupaten dan Kota, yakni Kabupaten  Belitung, Kabupaten Alor, Kota Sabang, Provinsi Maluku, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Kota Waringin Barat, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Jepara, Provinsi Nusa Tenggara Barat NTB, Ketua YCBI Raymont T Lesmana, Cok Dewi, serta segenap undangan lainnya.
Secara garis besar Rapat Finalisasi ini ditujukan untuk melengkapi struktur organisasi sekaligus membentuk program visi-misi dan rencana PNSI dalam rangka Pelaksanaan Sail Indonesia 2010. fokus utama Pembentukan PNSI salah satunya untuk mengangkat acara Sail Indonesia ke kalangan yang lebih tinggi, yaitu kementrian bahkan sampai ke Presiden RI dengan harapan agar kegiatan Sail Indonesia diberi payung hukum berupa Keputusan Presiden (Keppres) yang menjadikan Daerah sebagai pelaksana Sail Indonesia. Dengan demikian antara Pusat dan Daerah tidak menjadi rancu atau keluar dari misinya. Maksud dan tujuan inilah yang ingin diperjuangkan panitia PNSI karena Sail Indonesia merupakan ujung tombak pengembangan wisata bahari di daerah.

Rapat finalisasi ini menetapkan kesepakatan bersama (MoU) antara para kepala Dearha yang tergabung dalam Panitia Nasional Sail Indonesia (PNSI) Periode 2010-2013, yang secara bersamaan telah ditanda tangani oleh seluruh peserta rapat. Adapun kesepakatan yang dicapai secara garis besar adalah sebagai berikut:

1.Menjadikan acara Sail Indonesia sebagai ujung tombak pengembangan Wisata Bahari Daerah.

2.Menjadikan acara Sail Indonesia sebagai ajang Pembelajaran, Promosi dan misi Industri serta Ekonomi Masyarakat Pesisir khususnya dan masyarakat umum lainnya.

3.Secara bersama mendukung Pelaksanaan Sail Indonesia dalam segala sektor termasuk didalamnya Dukungan Pendanaan terhadap Pelaksana Sail Indonesia.

4.Menyatakan secara aklamasi bahwa Pelaksanan Sail Indonesia periode 2010 – 2013 adalah Yayasan Cinta Bahari Indonesia.

5.Mengadakan Rapat Evaluasi setiap tahunnya di Kabupaten/Kota yang disetujui bersama secara bergiliran.

6.Mengadakan Rapat Rutin Pengembangan Kebaharian Multi Regional setiap 6 (enam) bulan di Kabupaten/Kota yang disepakati bersama.

7.Membentuk Susunan Organisasi berdasarkan Kesepakatan Bersama Panitia Nasional Sail Indonesia yang akan mengemban tugasnya dalam periode 2010 – 2013.

8.Membicarakan lebih lanjut Rencana Kerja Panitia Nasional dalam Jangka Pendek, Menengah dan Panjang berkaitan dengan Wisata Bahari Regional dan Nasional sekaligus menyatakan Misi dan Visi.

9.Membentuk jalur khusus kepada seluruh institusi terkait dengan kebijakan dijajaran pusat yang berkaitan dengan Wisata Bahari.

10.Membawa wacana Sail Indonesia pada setiap kesempatan Promosi ataupun Seminar Kebaharian baik didalam maupun luar negeri.

11.Memngadakan seminar – seminar dan public awareness kepada masyarakat sebagai bagian dari pengembangan SDM. 

12.Merencanakan dan melaksanakan jalur-jalur lain wsiata layar di perairan Indonesia sehingga terlintasnya seluruh Kabupaten/Kota berpotensi bahari di perairan Indonesia.

13.Bahwa apabila dikemudian hari ada Kabupaten/ Kota lain yang akan diikutsertakan dalam kesepakatan ini maka itu akan diputuskan secara bersama dengan berbagai pertimbangan yang mendasar dan relevan dengan misi dan visi kesepakatan ini.

14.Mengadakan hubungan Internasional dalam hal Wisata Bahari yang dilaksanakan secara bersama.

Sedangkan Resume Rapat finalisasi antara lain berisi tentang:

1.Panitia Nasional Sail Indonesia bersifat permanen dengan masa kerja 3 tahun.
2.Panitia Nasional Sail Indonesia akan diusahakan dalam bentuk keppres
3.Destinasi-destinasi yang belum masuk dalam rangkaian Sail Indonesia akan dimasukkan dalam Sail 2011.
4.Rencana kerja panitia Sail Ind 2010-2013 akan dibahas dlm pertemuan selanjutnya yang di rencanakan di Tarakan Kalimantan Timur.
5.Evaluasi tahunan akan dilaksanakan setiap bln februari setiap thnnya.
6.Koordinasi melalui sekretariat dengan alamat di puri mutiara no.1 Cipete Jakarta Selatan.
7.Anggaran sekretariat dibebankan kepada iuran anggota.
8.Diusahakan secepatnya audiensi dengan Wapres dan Mentri-mentri terkait.
9.kegiatan sail yg akan datang adalah kegiatan sail terbesar,terluas dan sebagai contoh study banding kegiatan kebaharian Indonesia.
Turut hadir mendampingi Bupati Belitung dalam kesempatan ini antara lain, Asisten III Bidang Administrasi Setda Kab Belitung, Drs.H.Jasagung Hariyadi, M.Si, Kadin Kebudayaan dan Pariwisata Drg. Hj Dian Farida, Kabag Humas Setda Kab. Belitung Edy Suprapto, SH serta Kasubbag Hubungan Lembaga Bagian Humas Setda Kab. Belitung Desy Resmita, S.Sos.***Humas


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung