Sabtu, 20 Februari 2010 13:28

TIM PENILAI LOMBA HARGANAS KUNJUNGI TANJUNGPANDAN

Tanjungpandan, Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan 10 program pokok yang bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga, mulai bangkit geliatnya. Diharapkan ke depan, PKK dapat terus mengeksiskan kemandiriannya dana melakukan revitalisasi di beberapa bidang kehidupan mendasar seperti kesehatan ibu dan anak, kebersihan dan keindahan lingkungan serta bidang sosial budaya lainnya sebagaimana prestasi yang dicapai pada masa-masa keemasannya di era rezim terdahulu, jelas Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein dalam sambutannya pada Acara Penilaian Lomba Kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-17 di Kantor Desa Tanjungpendam, Jum’at (19/2).

Selanjutnya Bupati menghimbau kepada segenap partisipan yang tergabung dalam gerakan PKK di Kabupaten Belitung untuk dapat meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat secara administratif maupun teknis, mengingat belakangan ini masih saja banyak kasus-kasus yang berkenaan dengan instabilitas keluarga, baik dari sisi moral maupun material, tegas Bupati.

Pembukaan Kegiatan penilaian lomba Harganas yang mengusung tema ”Kita Tingkatan Kinerja Kader Dalam Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Untuk Mencapai Keluarga Kecil Sehat Bahagia Sejahtera” dimeriahkan dengan penampilan paduan suara ibu-ibu PKK dalam rangka menyambut kedatangan tim penilai yang berasal dari berbagai Dinas/Instansi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Rangkaian kegiatan Harganas juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, diantaranya lomba cerdas cermat, pelayanan KB-Kes dan kegiatan bhakti sosial lainnya. Kegiatan harganas ditujukan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta tokoh masyarakat, serta lembaga masyarakat untuk terus menerus dan berkesinambungan untuk peduli terhadap program KB dalam upaya membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Melalui kegiatan ini diharapkan kepedulian dan partisipasi masyarakat semakin meningkat, sehingga pembangunan keluarga sejahtera dapat semakin optimal. Harapan kita semua tentunya melalui penilaian ini Kabupaten Belitung dapat kembali mendominasi Juara I lomba kegiatan Harganas Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dan tercatat sebagai kabupaten paling berhasil dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan keluarga sejahtera.

Diakhir acara pembukaan berlangsung kegiatan lomba cerdas cermat yang diikuti anggota PKK. Dalam lomba cerdas cermat ini Bupati, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Belitung Ny.Ir.Hj Titiek Yoesiati Darmansyah, Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Wiryati Husein, dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Perempuan & KB, Dra. Hotmaria Ida berkesempatan memberikan pertanyaan kepada para peserta. Dalam lomba ini Desa Lesong Batang berhasil menjadi Juara I, disusul Desa Perawas meraih Juara II, Juara III diraih Desa Paal I dan Desa Air Saga meraih Juara IV.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung