Rabu, 3 Maret 2010 05:15

PELETAKAN BATU PERTAMA RUMAH LAYAK HUNI

Tanjungpandan, Peletakan Batu Pertama pembangunan rumah layak huni di Desa Tanjungpendam dilakukan secara simbolis oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dan Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos serta disaksikan oleh Kepala Bappeda Kab. Belitung Ir. Hermanto, Camat Tanjungpandan, M.Aidin Dahri, Kepala Desa Tanjung Pendam serta undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut di Desa Pagar alam, Tanjungpendam, Selasa (2/3).

Pada kesempatan itu Koordinator BKM Tanjung Pendam Jaya, Asri mengatakan bahwa Pembangunan Rumah Layak Huni akan di bangun di empat dusun di Desa Tanjung Pendam Belitung dalam jangka 3 bulan ini. Pembangunan ini di danai dari Program Penanggulangan Kemiskinan Terpadu (PAKET) sebesar Rp. 185 juta. Dalam program ini ditetapkan akan dibangun sebanyak 7 rumah layak huni yang tersebar di 4 dusun di Tanjungpendam.

Sementara Bupati dalam sambutan mengungkapkan bahwa sejak tahun 2006 hingga 2009, Pemkab Belitung bekerjasama melalui berbagai Dinas terkait dinilai berhasil memberdayakan masyarakat melalui kegiatan infrastruktur, ekonomi bergilir dan kegiatan lainnya oleh Pemerintah Pusat sebagai penentu kebijakan, dan juga Bank Dunia sebagai penyandang dana. Karena itu pada tahun 2010 ini, kembali kita dipercaya untuk meneruskan program lanjutan PAKET, ungkap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati berharap agar maksud pelaksanaan kegiatan PAKET P2KP ini dapat terwujud, utamanya dalam upaya menempatkan komponen program PAKET sebagai sarana pembelajaran kemitraan antara masyarakat, Dinas dan kelompok peduli/swasta dalam mendukung tercapainya maksud dan tujuan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP), Program Penanggulangan Kemiskinan Terpadu (PAKET) dan Neighbourhood Development (ND), jelas Bupati.

Paket merupakan suatu komponen program penaggulangan kemiskinan perkotaan (P2KP) yang bertujuan untuk mendorong dan memperkuat kemitraan sinergis antara masyarakat, pemerintah daerah serta kelompok peduli, sehingga upaya penanggulangan kemiskinan dapat dilakukan secara mandiri dan berkelanjutan serta melembaganya proses pembangunan yang bersifat partisipatif di tingkat kota.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung