Rabu, 3 Maret 2010 05:18

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN MEMBALONG TAHUN 2010

Membalong, Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Membalong pada Selasa, (2/3) di kantor Camat Membalong yang dihadiri pula Wabup Sahani Saleh, S.Sos, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Andi Saparudin Lanna, SH, Asisten II Setda Karyadi Syahminan, SE, Para Muspida, Kadin Budpar Drg. Dian Farida, Kepala Bappeda Ir. Hermanto, Camat Membalong Admizar, SH, Para Kadin, Kabag, Kades dan sejumlah undangan lainnya.

Musrenbang ini diselenggarakan sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) dan Program Pembangunan Daerah (Propeda) yang ditetapkan dengan tujuan agar program-program pembangunan pada tiap Kecamatan di Kabupaten Belitung dapat dilaksanakan dengan baik.

Gambaran secara umum Kecamatan Membalong, sebagaimana disampaikan oleh Camat Membalong terdiri dari 2 desa kepulauan yaitu Pulau Seliu dan Pulau Sumedang, 12 desa, 39 dusun. Jumlah penduduk 22.417 Jiwa dengan laki-laki 11.488 Jiwa dan perempuan 10.929 Jiwa. Mayoritas bekerja dibidang pertanian, nelayan, PNS dan sedikit dibidang perdagangan. Adapun kendala yang dihadapi saat ini yaitu pertama, sarana transportasi di Pandang Kandis sekitar 15 KM belum tersedia, sehingga membuat para nelayan disekitar Pantai Batu Lubang kesulitan mengangkut hasil tangkapannya ke kabupaten. Kendala yang kedua, sebagian wilayah terhambat penerangan, pemerintah sudah siap dengan multiguna, namun belum direalisasikan. Ketiga, masalah pembinaan keagamaan. Pembangunan pada tahun 2009 ditandai dengan pemeliharaan jalan provinsi, saluran irigasi desa Membalong, pembangunan rumah dinas guru, UPTD.  Sedangkan pada tahun 2010 difokuskan pada pembangunan infrastruktur jalan, MKC, sumur, sekolah dan pasar desa.

Kepala Bapedda, Ir. Hermanto menyatakan kualitas kecamatan sangat baik karena adanya pemerataan dibidang fisik maupun non fisik yang sesuai dengan visi misi pemerintahan. Hal ini juga ditandai dengan adanya upaya peningkatan SDM untuk meningkatkan kesejahteraan di kecamatan Membalong.

Dalam sambutannya Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein berharap melalui Musrenbang, usulan-usulan program/proyek yang disampaikan melalui Bappeda Kabupaten dapat diintegrasikan kedalam kerangka umum pembangunan Kabupaten Belitung yang juga harus disesuaikan dengan Renstra Pembangunan Daerah. Untuk mencapai tujuan tersebut Bupati juga menjelaskan perlunya keseriusan seluruh peserta Musrenbang Kecamatan dalam menyusun usulan program/proyek dengan menggunakan skala prioritas, kata Bupati.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung