Jum'at, 5 Maret 2010 12:04

WABUP SERAHKAN ALOKASI DANA DESA (ADD) SECARA SIMBOLIS

Tanjungpandan, Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos menyerahkan secara simbolis Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2010 tentang Penetapan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2010 kepada perwakilan Desa Perawas, Desa Gunung Riting, Desa Sungai Padang, Desa Aik Batu Itam, dan Desa Suak Gual pada Jum’at (5/3) di Ruang Sidang Pemkab Belitung.

Adapun alokasi dana desa (ADD) se-Kabupaten Belitung untuk tahun anggaran 2010 sebesar Rp 11.126.635.500 sama dengan ADD tahun 2009 lalu. Demikian pula menyangkut variabel penetapan/penilaian Alokasi Dana Desa masih menggunakan variabel tahun lalu, ungkap Kabag Tata Pemerintahan, Dr.Sunardi, Ap dalam laporannya.

Selanjutnya dijelaskan bahwa berdasarkan Perda No.3 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa, BAB III menyangkut tugas dan fungsi, wewenang dan kewajiban Kepala Desa. Dalam pasal 5 disebutkan tentang tugas dan fungsi Kepala Desa dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Sementara wewenang Kepala Desa antara lain, menyusun dan mengajukan RAPERDES mengenai APBDes untuk dibahas dan ditetapkan bersama BPD serta mengkoordinasi pembangunan desa secara partisipatif. Selanjutnya beberapa kewajiban Kepala Desa seperti tertuang dalam pasal 7 yakni, melaksanakan dan mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan desa serta memberdayakan masyarakat dan kelembagaan di desa,  jelas Sunardi.
Wabup dalam sambutannya mengharapkan kepada Kepala Desa agar setelah ADD ini diterima, segera susun RAPBDes agar tidak terjadi keterlambatan, segera cairkan dan laksanakan ADD sesuai tahapan, jangan sampai terjadi benturan dalam penyusunan RAPBDes agar mengacu pada ketentuan yang berlaku. Penyampaian RAPBDes harus mengikuti mekanisme dan ketentuan yang sudah ditetapkan, ungkap Wabup.

Selanjutnya Wabup juga mengingatkan kepada para Sekdes agar dapat loyal dan bekerja dengan baik karena otonomi desa merupakan otonomi daerah sehingga Kades dan aparat desa harus tetap saling berkoordinasi dengan pemerintahan kecamatan, dan saya harapkan agar pendapatan ADD dan PAD murni yang nantinya telah diterima sedapat mungkin difokuskan untuk pembangunan desa dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat terhadap penuntasan kemiskinan, diantaranya melalui program peningkatan kesehatan masyarakat dan penggalangan program KB menuju kesejahteraan masyarakat, jelas Wabup.

Turut hadir dalam acara Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung, B.Maiya Hasibuan, SH, Asisten II Bidang ekonomi dan Pembangunan Karyadi Sahminan, SE, M.AP, Kadin PPKAD Drs.Sarfani Syamsuddin, Ak.MM, Para Kadin dan Jajaran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, para Camat, Kades, Perangkat desa serta sejumlah undangan lainnya.                           
Sumber: Humas Setda Kab, Belitung