Selasa, 9 Maret 2010 13:26

AYO.. RAIH KEMBALI ADIPURA

Tanjungpandan, Judul tersebut bukan sekedar ajakan atau himbauan biasa, tetapi ini merupakan salah satu bentuk motivasi yang harus kita tanamkan dalam diri kita sebagai Masyarakat Belitung untuk meraih kembali piala Adipura yang pernah kita raih beberapa waktu lalu, yaitu tahun 2004-2005 dan 2006-2007, tentunya dengan turut mendukung dan berpartisipasi dalam berbagai tahapan persiapan yang dilakukan Pemkab Belitung.

Mungkin masyarakat sudah tak asing lagi dengan himbauan diatas, karena ajakan dan seruan ini terus diperdengarkan dalam setiap kesempatan, baik itu dalam suatu acara kepemerintahan maupun di headline news berita lokal dan nasional. Pada setiap kesempatan apel pagi pun Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein dan Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos tak kenal lelah mengajak dan menghimbau para PNS untuk mendukung dan berpartisipasi dalam persiapan adipura ini, salah satunya dengan mengajak para PNS menjaga kebersihan lingkungan agar asri, sehat dan rapi. Karena hal ini merupakan faktor penentu dalam keberhasilan meraih adipura, dan tak ada salahnya jika kita menyegarkan kembali ingatan kita terhadap degung Adipura yang sebentar lagi akan memasuki tahapan penilaian akhir.

Berbagai Persiapan yang dilakukan tentunya bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah semata, tetapi dukungan masyarakat rasanya begitu sangat berarti untuk mewujudkan hal tersebut. Karena tanpa dukungan masyarakat Belitung segala upaya persiapan begitu terasa kurang lengkap dan optimal. Apalagi bulan Maret ini merupakan tahap penilaian akhir yang akan dilakukan tim juri yang dikoordinir Badan Lingkungan Hidup Wilayah Sumatera beranggotakan Badan Lingkungan hidup Provinsi Babel, unsur perguruan tinggi, dan unsur LSM, seperti diungkapkan Kepala Badan Lingkungan Hidup, Syarifudin, SH dalam harian Post Belitung edisi Senin (8/3) menyikapi rencana penilaian Adipura periode 2009-2010. 

Serangkaian persiapan kini masih terus diupayakan layaknya sinetron kejar tayang, salah satunya melalui pelaksanaan kerja bakti dan gotong royong yang digalakan Pemerintah dikoordinir Dinas/Instasi terkait maupun masyarakat setempat rasanya dinilai belum begitu optimal, karena berbagai kendala masih saja ditemukan di lapangan. 

Rasanya mungkin tak cukup banyak waktu lagi yang dapat kita lakukan untuk melakukan serangkaian persiapan, mengingat waktu yang semakin sempit, namun dalam setiap usaha yang dapat kita lakukan tak pernah mengenal kata terlambat. Selagi masih ada waktu tidak ada salahnya terus berupaya, masih ada sedikit waktu untuk mengatasi kendala-kendala yang tersisa.

Namun yang terpenting bukanlah menang atau kalah, karena jauh diantara kemenangan dan kebanggaan yang nantinya akan kita raih, manfaat besar lainnya segera menanti, salah satunya mewujudkan masyarakat Belitung menjadi masyarakat yang sehat ditunjang oleh kondisi lingkungan yang bersih, asri dan nyaman.

Tetapi hal ini hanya akan terwujud, jikala persiapan adipura yang dilakukan benar-benar diniatkan umtuk mencapai manfaatnya bukan hanya semata-mata ingin meraih gelar juara yang sebelum-sebelumnya sering dilakukan, toh tidak ada ruginya jikala memang kondisi yang bersih dan asri ini kita pertahankan, karena manfaat positifnya Belitung ini akan terbebas dari berbagai penyakit menular dan berbahaya seperti halnya malaria, demam berdarah, chikungunya dan sebagainya.

Kini mulailah tanamkan dalam diri kita bahwasanya sedikit partisipasi kita untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan rasanya tidak akan merugikan dan menyita banyak waktu, hal kecil dapat dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar tempat tinggal, kebiasaan kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan dapat menjadi langkah baru menuju Belitung Sehat.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung