Selasa, 9 Maret 2010 13:27

WISATAWAN BELITUNG NAIK 30 PERSEN

Tanjungpandan, Seperti yang telah di paparkan di Koran harian Pos Belitung Selasa 9 Maret 2010, tercatat kurang lebih 42.300 wisatawan domestik dan mancanegara mengunjungi Belitung.  Jumlah ini meningkat 30 persen dari jumlah wisatawan tahun 2008 lalu yang tercatat kurang lebih 32.000 wisatawan. 

Promosi besar-besaran baik via internet ataupun manual gencar dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung. Kepala bidang pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Shofwan AR dalam harian Pos Belitung menjelaskan “Pelayanan yang terbaik dari pelaku usaha jasa pariwisata sangat diharapkan untuk membantu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Belitung. Karena ini harus didukung dari berbagai pihak, misalnya pelayanan penerbangan, hotel dan travel. Bila itu semua memberikan pelayanan yang baik terhadap turis, dengan sendirinya wisatawan akan meningkat.” Shofwan pun mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat menggelar segala kegiatan yang mendukung pariwisata di Belitung.

Dian Farida sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung mengatakan, meskipun konsentrasi wisatawan mancanegara masih tertuju pada Bali, namun bukan berarti Belitung ini tidak memiliki destinasi pengembangan kunjungan wisata baik Nasional maupun Internasional. Dan atas dasar inilah Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata telah menunjuk Belitung sebagai destinasi pengembangan wisata di Indonesia.

Shofwan berharap demi terciptanya destinasi pengembangan wisata di Belitung ini semua unsur  terkait dapat saling mendukung. Dalam hal ini Pemkab Belitung sendiri akan membangun kawasan-kawasan yang mendukung program destinasi pengembangan wisata. Selain itu mungkin akan segera dilakukan penyuluhan-penyuluhan wisata, pelatihan guide serta membangun budaya cinta bersih masyarakat karena itu merupakan indikator dari Saptapesona.

Tentunya dengan adanya program ini tujuan pemerintah untuk mendongkrak ekonomi masyarakat dan terciptanya pemerintahan yang lebih baik dapat tercapai.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung