Selasa, 9 Maret 2010 13:29

JATAH SOLAR SPBU DI KABUPATEN BELITUNG DIKURANGI

Tanjungpandan, Informasi terakhir yang diperoleh dari Harian Pagi Belitung Pos edisi Selasa, 9 Maret 2010 menyatakan bahwa, dalam beberapa hari terakhir ada pengurangan jatah pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar di Kabupaten Belitung. Pengelola SPBU Jalan Jendral Sudirman samping Kantor Camat Tanjungpandan, Dedi Astika mengaku adanya pengurangan jatah pasokan solar di SPBU miliknya. Setiap minggu jatah pasokan solar dikurangi sebanyak 5 ton.

Menurut informasi, pengurangan jatah solar tersebut kemungkinan untuk antisipasi pendistribusian solar yang disinyalir tidak tepat guna. Dalam hal ini, Dedi tidak menampik dalam realisasi pendistribusian BBM, terutama solar di SPBU, masih banyak antrean mobil-mobil pengerit dan pembeli menggunakan jeriken.

Lebih lanjut Dedi mengimbau kepada pemerintah daerah agar bisa memberikan solusi bagaimana mengatasi pengerit yang menggunakan jeriken, bila setiap SPBU diminta agar tidak melayani pembeli menggunakan jeriken.

Pengurangan jatah solar juga dialami oleh SPBU di Jalan Jendral Sudirman simpang Pilang. Pengurangan sudah dilakukan sejak hari kamis kemarin. Namun, pengelola SPBU juga belum mengetahui penyebab pengurangan jatah pasokan solar, termasuk kemungkinan alasan antisipasi agar peruntukan BBM tepat guna. Meskipun demikian, jadwal pengurangan jatah pasokan solar antara SPBU satu dengan SPBU yang lainnya tidak sama.

Sementara itu, Pengelola SPBU tersebut mengaku kesulitan untuk tidak melayani pengerit BBM, baik yang menggunakan mobil maupun jeriken. Hal ini disebabkan adanya kebijakan yang dikeluarkan pihak terkait yang memperbolehkan antrean menggunakan jeriken.

Kondisi yang sama juga dialami SBPU jalan Gatot Subroto. Sama seperti pengelola SPBU lainnya pengelola SPBU juga tidak mengetahui latar belakang adanya pengurangan jatah solar. Meski ada pengurangan jatah solar, namun harga jual solar tidak mengalami perubahan. Tentang antrean solar , tidak mengalami perubahan, tetap ramai.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung