Senin, 15 Maret 2010 09:21

HUT POLISI PAMONG PRAJA KE-60

Tanjungpandan,--- “Tugas dan tanggung jawab Polisi Pamong  Praja di dalam mengamankan program-program Pemerintah Daerah khususnya dalam penegakan Peraturan Derah sangat diperlukan, sekaligus memantapkan posisinya sebagai salah satu unit kerja di dalam struktur Pemerintah Daerah untuk mendukung suksesnya pelaksanaan program Pemerintah,” demikian sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Gamawan Fauzi yang disampaikan oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dalam Upacara Apel Bulanan Bagi PNS dilingkungan Pemkab Belitung sekaligus Peringatan HUT Polisi Pamong Praja ke-60 tahun 2010 di Halaman Kantor Bupati Belitung hari Senin, 15 Maret.

“Beberapa faktor yang selama ini seringkali memicu konflik di daerah telah dapat dikenali dan diselesaikan dengan baik. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan melakukan deteksi dan penanganan dini sudah memperlihatkan kemajuan yang berarti. Tentunya kondisi ini tidak terlepas dari kontribusi aktif Satuan Polisi Pamong Praja berikut unit kerja terkait.” lanjut beliau.

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja, Anggota Satuan Polisi Pamong Praja dalam menegakkan Peraturan Daerah di lapangan hendaknya mempedomani aturan dan bertindak secara profesional. Bagaimana meningkatkan citra, kewibawaan dan kinerja Satuan Polisi Pamong Praja seluruh Indonesia dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Bupati berharap, jajaran Satuan Polisi Pamong Praja dalam menghadapi, mengayomi, dan melayani masyarakat tidak dengan cara yang kasar, seperti memaksa, mengancam, dan menggunakan kekerasan, tetapi melalui cara-cara persuasif, simpatik dan edukatif sehingga sedapat mungkin dihindari ”penggunaan kekerasan” yang dapat menimbulkan kontra produktif di masyarakat.

Turut hadir dalam upacara ini Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos; Unsur Muspida Kabupaten Belitung; Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung serta  peserta upacara yang terdiri dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Belitung dan para Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung