Sabtu, 20 Maret 2010 07:30

86 SISWA SD SE-KABUPATEN BELITUNG IKUTI “FESTIVAL TEMBANG ALAM 2010”

Tanjungpandan-Sanggar Gema Nurani Maitreya dan International Nature Loving Association (INLA) atau Perhimpunan Kasih Semesta International Indonesia Cabang Belitung didukung oleh Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Badan Lingkungan Hidup Daerah menggelar kegiatan Festival Tembang Alam 2010 yang diikuti sebanyak 86 Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Seleksi peserta dilakukan sebanyak tiga kali diantaranya pada hari Senin, 15 Maret 2010 di UPTD Pendidikan Badau, hari Rabu, 17 Maret 2010 di UPTD Pendidikan Sijuk dan hari Kamis, 18 Maret 2010 di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Tanjungpandan. Sementara acara puncak akan dilaksanakan pada hari Minggu, 4 April 2010 di Museum Tanjungpandan.

Acara ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran cinta alam dan lingkungan kepada generasi muda di Kabupaten Belitung dengan harapan agar mereka semakin menyadari bahwa bumi merupakan tempat tinggal seluruh umat yang harus dijaga, dirawat dan dilestarikan. Melalui festival tembang lagu alam ini dirasa cukup efektif untuk menanamkan kesadaran pada generasi muda pentingnya alam bagi kehidupan. Anak muda sekarang lebih mudah dipengaruhi melalui lagu, hal ini bisa dilihat dalam kesehariannya, maka kita mencoba dengan jalan ini, jelas Sekretaris Panitia Pelaksana, Chandra, seperti yang kami kutip dari harian Pos Belitung edisi Jum,at (19/3).

Kegiatan Festival Tembang Alam ini diformat dalam bentuk lomba menyanyi solo dimana setiap peserta membawakan atau menyanyikan lagu bertemakan alam yang telah ditentukan dan disiapkan oleh panitia berupa buku panduan lomba serta compact disk (CD) sebagai alat panduan bagi peserta ataupun guru pelatih yang dibagikan ke setiap sekolah maupun kepada setiap peserta yang mendaftar yang melatih mereka.Selain untuk menanamkan kesadaran pentingnya alam bagi kehidupan, kegiatan ini juga ditujukan sebagai ajang pencarian talenta dibidang seni tarik suara.
Sumber: Pos Belitung