Senin, 22 Maret 2010 09:33

KEPARIWISATAAN BELITUNG BUTUH SDM SIAP PAKAI

Tanjungpandan --- Belitung memiliki sektor pariwisata yang sangat menjanjikan. Namun sayang sebagian masyarakat belum menyadari dan memahami ilmu kepariwisataan, sehingga beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata mengeluh karena kurangnya SDM siap pakai.

Dalam Harian Pagi Pos Belitung 20 Maret 2010 Kepala LP3I Cabang Tanjungpandan, Narya Pandi menyatakan “Tempo hari saat LP3I pusat melakukan audit, saya pernah mengajak mereka ke Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang. Sungguh mereka sangat terkesan dengan potensi wisata yang dimiliki Pulau Belitung, dan pada akhirnya kami membuat jurusan tourism di LP3I. Jurusan ini adalah pendidikan kepariwisataan pertama yang ada di Belitung.”

Menurutnya, objek wisata Kabupaten Belitung bergantung pada potensi alam yang masih asli serta tidak dibuat-buat. Hal tersebut sangat menjanjikan, seperti contohnya potensi bawah laut Selat Nasik jauh lebih bagus dari terumbu karang yang dimiliki oleh Bunaken. Hanya saja mungkin belum ter-expose, hal itu harus kita mulai.

“Kita membutuhkan SDM yang siap pakai dalam dunia kerja dan tentunya berkompetensi di bidang pariwisata. Nanti kita tidak hanya mengenalkan pariwisata saja, melainkan kita juga bisa menarik minat wisatawan untuk berinvestasi di Belitung, khususnya di bidang pariwisata,” lanjut Narya.

Beliau berharap, semua masyarakat dapat menyadari bahwa ada sisi lain yang bisa digali lebih dalam dari potensi obyek wisata Belitung, apalagi jika SDM-nya memang memiliki kemampuan dalam bidang pariwisata.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung