Senin, 22 Maret 2010 09:36

BUPATI BUKA MUSRENBANG TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2010

Tanjungpandan- Setelah melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Tingkat Kecamatan dan Rapat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) beberapa waktu lalu, hari ini, Senin, 22 Maret 2010 bertempat di Gedung Serba Guna Setdakab Belitung, Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein membuka secara resmi Musrenbang Tingkat Kabupaten Belitung Tahun 2010, dengan agenda pembahasan Program Prioritas Pembangunan Tahun 2011.

Tema Musrenbang Kali ini sebagaimana disampaikan Kepala Bapedda Kabupaten Belitung, Ir. Hermanto dalam laporannya adalah “ Malalui Musrenbang Kabupaten Belitung Tahun 2010 Tingkatkan Produktivitas Ekonomi Kerakyatan dan Menurunkan Tingkat Kemiskinan Menuju Belitung Mandiri dan Sejahtera”.

Selanjutnya, Hermanto menjelaskan salah satu tujuan Musrenbang ini adalah untuk mempertajam beberapa kegiatan yang sudah difokuskan, seperti mengenai masalah pementasan kemiskinan dan penanggulangan pengangguran.

Sementara itu, Kepala Bapedda Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Ir. Nazalyus dalam laporannya menyatakan bahwa Musrenbang ini dapat menjadi arahan untuk membangun Kabupaten Belitung. Hal yang juga sangat penting dalam pembangunan yaitu  Rencana Pembangunan Sektor dan Rencana Pembangunan Ruang harus terpadu, dan dilaksanakan secara konsisten.

Nazalyus menambahkan salah satu isu pembangunan yang berkembang di Propinsi Bangka Belitung adalah optimalisasi pengembangan sektor unggulan yang suatu saat akan menjadi icon daerah.

Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein dalam sambutannya sesaat sebelum membuka acara menyatakan perencanaan pembangunan Kabupaten ini hendaknya senantiasa didasarkan pada pandangan awal, paradigma, dan pendekatan “SMART PLANNING”, yaitu Specific (spesifik), Measurable (terukur), Achievable (dapat dicapai), Resources Availability  (ketersediaan sumberdaya) dan last but not least hendaknya tetap beroriemtasi pada Time (waktu) agar kita tidak menjadi daerah tertinggal serta lamban.

Setiap program pembangunan  Kabupaten Belitung Tahun 2010 harus lebih tepat sasaran dan tetap bertumpu pada pembangunan pertisipatif. Karena itu, harus ada sinergitas positif antara program dengan pelaku pembangunan tentang rancangan rencana kerja pemerintah daerah yang menitikberatkan pada sinkronisasi antar rencana kerja satuan kerja perangkat daerah.” Ujar Darmansyah.

Turut hadir pada Musrenbang ini antara lain Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Belitung, Unsur Muspida, Para Kadin dan atau Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Belitung, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung serta undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung