Rabu, 24 Maret 2010 10:06

SEMANGAT CPNS DALAM DIKLAT PRAJABATAN KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan --- Suasana Berbeda tampak terlihat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Perawas Tanjungpandan, hari ini Rabu, 24 Maret 2010. Tampak para peserta dengan semangat mengikuti Diklat Prajabatan CPNS Gol I dan II di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Tahun 2010. Para peserta ini menggunakan seragam hitam putih dengan dasi panjang berwarna hitam. 

Siti Fatonah, salah satu peserta diklat yang berasal dari Membalong mengatakan banyaknya persiapan yang dilakukan untuk menyambut kegiatan ini, selain persiapan seragam dan peralatan lain yang akan digunakan dalam Diklat ini, juga persiapan mental. Hal ini dilakukan untuk penyesuaian diri yang benar-benar harus dimulai dari nol karena dalam Diklat ini Siti dan para peserta lainnya akan mendapati lingkungan berbeda dimana para peserta bukan hanya berasal dari satu instansi tetapi juga dari berbagai instansi.

Namun demikian, Siti berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan tali persaudaraan antara Pegawai Negeri Sipil serta meningkatkan wawasan dalam berorganisasi.

Terdapat 11 poin materi pembelajaran yang akan mereka terima selama Diklat 15 hari tersebut, diantaranya tentang Dinamika Kelompok, Sistem Penyelenggaraan Pemerintah NKRI, Manajemen Kepegawaian Negara, Etika Organisasi Pemerintah, Pelayanan Prima, Budaya Kerja Organisasi Pemerintah, Manajemen Perkantoran Modern, Membangun Kerjasama Tim (Team Building), Komunikasi Yang Efektif, Wawasan Kebangsaan Dalam Kerangka NKRI, dan Program Korikuler yaitu Latihan Kesegaran Jasmani, Baris-Berbaris, Tata Upacara Sipil, Ceramah Umu/Muatan Teknis Substantif Lembaga dan Ceramah Kesehatan Mental dan Outbond.

Metode pembelajaran akan dilaksanakan secara terjadwal baik di ruang kelas maupun di lapangan, yang meliputi ceramah dan penjelasan yang dikontribusikan dengan tanya jawab, diskusi dan simulasi/role playing.

Metode pembelajaran tersebut tentunya tidak akan terlepas dari media apa yang digunakan. Maka alat bantu latihan yang digunakan terdiri dari NoteBook, LCD Projector, Overhead Projector (OHP), Overhead Transparant (OHT), White Board, Wireless, Hand Out, Kertas HVS, Flief Chart, Spidol, Modul, Lembaran kerja dan lain-lain.

Diklat ini diikuti oleh 55 peserta, yang terdiri dari 25 orang tenaga guru, 20 orang tenaga kesehatan, dan 10 orang tenaga teknis.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung