Rabu, 24 Maret 2010 10:06

LAUNCHING MASKOT DAN LOGO PORPROV III


Babel --- Maskot dan logo untuk Porprov III Kepulauan Bangka Belitung 2010 resmi di launching pada hari Senin 22 Maret 2010 kemarin bertempat di kompleks eks perkantoran Bupati lama Toboali, Bangka Selatan.

Acara tersebut resmi dibuka langsung oleh Gubernur Bangka Belitung, didampingi Bupati, beserta pejabat KONI Babel yang ditandai dengan pembunyian sirine dan pelepasan balon ke udara, serta diikuti oleh ratusan pelajar dan masyarakat Bangka Selatan yang menggunakan seragam kaos berwarna putih bergambar Bang Tatir sebagai maskot Porprov III Babel 2010.

Mengenai logo Porprov III 2010, secara simbolis menggambarkan masyarakat Bangka Selatan (seorang laki-laki dewasa) yang sedang mencari usang kecil (udang sungkur). Udang kecil adalah bahan baku untuk membuat terasi khas Bangka Selatan dengan alat tangkap tradisional yang dinamakan ”sungkur”. Gambar ini melambangkan unsur kegigihan masyarakat Bangka Selatan khususnya dan masyarakat Bangka Belitung umumnya yang tidak kenal menyerah untuk menggali potensi di negeri tercinta.

Sementara itu, tujuh gelombang melambangkan tujuh Kabupaten/Kota yang siap berlaga dan berpartisipasi dalam Porprov III tahun 2010 Kabupaten Bangka Selatan. Untuk serangkaian tiga lingkaran melambangkan perhelatan pesta Olahraga dengan Tri Sukses, sukses pelaksanaan, prestasi dan pemberdayaan masyarakat.

Begitupun dengan logo Bang Tatir. Spirit Bang Tatir begitu kuat, sehingga mengalahkan usulan salah satu hasil laut “Blankas”. Bang Tatir lebih dipilih karena spiritnya yang gigih berjuang, perpaduan aneka warna bulunya yang indah, serta kerendahan hatinya. Menurut kisah, Jembang Tanjung Timur tak pernah membiasakan diri untuk menoleh ke langit, selalu melihat ke bumi. Selain itu, jika sempat terperangkap, ayam jantan khas Junjung Besaoh itu berusaha untuk membebaskan dirinya. Bahkan, Bang Tatir rela membunuh dirinya sehingga dagingnya dimakan semut, jika pemilik perangkap terlambat datang untuk mengambilnya.

Dalam harian pagi Pos Belitung, Rabu 24 Maret 2010, Gubernur Bangka Belitung, Eko Maulana Ali menjelaskan arti penting kegiatan launching maskot dan logo dalam rangka menyukseskan pagelaran pesta olahraga provinsi ini. ”Porprov merupakan sebuah event bergengsi yang mampu melahirkan atlet-atlet berprestasi di ajang Nasional atau Internasional sehingga dapat mengangkat nama daerah ditingkat yang lebih tinggi,” lanjut beliau.

Sumber: Pos Belitung