Kamis, 25 Maret 2010 09:24

PAD BELITUNG TERTINGGI DI BABEL

Tanjungpandan --- PAD Belitung tiap tahun mengalami peningkatan yang signifikan. PAD daerah ini beberapa tahun terakhir diperoleh dari pendapatan pajak yang selalu diatas target. Pemasukan pajak yang mengalami banyak peningkatan adalah restaurant, hotel dan reklame yang mencapai rata-rata diatas seratus persen.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Belitung, Sarfani Syamsudin dalam harian pagi Pos Belitung Kamis 25 Maret 2010, mengatakan ”PAD kita merupakan yang terbesar dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Bangka Belitung. PAD kita mencapai 12,5 persen dari pendapatan daerah. Pendapatan daerah itu adalah pendapatan dari PAD, dana perimbangan dari pusat dan pendapatan yang lain dengan jumlah Rp. 400 miliar lebih.”

Peningkatan tersebut sebagai efek dari berkembangnya sektor pariwisata di Kabupaten Belitung. Banyaknya pengunjung yang datang membuat tingkat hunian hotel serta penghasilan dari rumah makan juga meningkat secara tajam.

Sementara itu, target PAD yang dicanangkan pada tahun ini sebesar Rp. 50 miliar, namun target itu dicanangkan pada APBD 2010 yang dibuat pada pertengahan tahun 2009. pada APBD perubahan tahun ini, target tersebut akan direvisi sesuai dengan kondisi yang ada. Pencapaian PAD ini juga diperkirakan akan terkendala dengan tingginya nominal pajak pada beberapa sektor sumber daya alam serta keterlambatan pada saat membayar pajak.

Sarfani berharap, kepada wajib pajak untuk membayar tepat waktu karena uang pajak merupakan aset untuk pembangunan daerah yang nantinya akan dinikmati kembali oleh para wajib pajak. (ny)
Sumber: Pos Belitung