Jum'at, 26 Maret 2010 13:01

PROSTITUSI ANAK TERBONGKAR

Tanjungpandan --- Pelacuran sebagai masalah sosial yang sudah tua usianya namun senantiasa dibicarakan orang sampai saat ini, tidak tanggung-tanggung yang menjadi korbannya adalah anak-anak usia belasan tahun yang masih polos dan mudah dipengaruhi.

Satuan Reskrim Polres Belitung berhasil mengungkap salah satu jaringan prostitusi terselubung yang menyuguhkan anak dibawah umur sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK) yang berlangsung di rumah penduduk bernama Heni (38) pada hari Selasa 23 Maret kemarin.

Terungkapnya kasus ini berdasarkan informasi yang dihimpun kepolisian dari masyarakat di lingkungan tersebut. Kasat Reskrim AKP, Jojo Sutarjo Sik dalam harian Babel Pos 25 Maret 2010 mengatakan “Beberapa bulan terakhir kami memang pernah mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada tempat prostitusi dengan menyajikan anak di bawah umur. Namun pada saat itu kami belum mengetahui keberadaan lokasinya. Barulah beberapa hari lalu kami mendapatkan laporan keberadaan tempat tersebut. Tanpa menunggu waktu lagi, tim segera turun untuk menyelidiki keberadaan tempat itu.”

Menurutnya, awal usaha pihak kepolisian sempat menemui jalan buntu. Namun setelah diputuskan untuk melakukan penyamaran sebagai ‘konsumen’, penggerebekan tersebut berhasil. Justru dari hasil penyamaran tersebut didapat pula dua wanita yang menjajakan dirinya pada anggota polres yang sedang menyamar. Kedua wanita tersebut masih sangat muda, RD (16) adalah seorang gadis remaja yang putus sekolah dan RZ (19) seorang janda muda dengan anak satu berusia 3 bulan.

Berdasarkan pengakuan kedua PSK kepada petugas, mereka menjalani pekerjaan ini semata-mata untuk menghasilkan uang yang banyak dan akan mereka gunakan untuk memenuhi kehidupannya dan mengikuti tren mode saat ini, tanpa harus bekerja keras.

“Dengan terungkapnya kasus ini, tersangka akan dikenakan undang-undang perlindungan anak. Sedangkan RD dan RZ akan dikembalikan kepada orang tua dan lingkungannya agar dibimbing untuk tidak melakukan hal-hal terhina seperti ini lagi,” ungkap Jojo.

Sumber: Pos Belitung